Jakarta (ANTARA) - Tim nasional Slowakia menghentikan tren nirkalah Skotlandia dengan menundukkan tamunya itu 1-0 dalam pertandingan putaran kelima UEFA Nations League Divisi B Grup 2 (B2) di Stadion City Arena, Trnava, Minggu, sembari menjaga asa menghindari degradasi ke Divisi C.

Hasil itu merupakan kemenangan perdana Slowakia, tetapi mereka belum meninggalkan posisi juru kunci klasemen Grup B2 dengan empat poin, sedangkan Skotlandia (10) tetap di puncak dan menunda kepastian promosi mereka ke Divisi A, demikian catatan laman resmi UEFA.

Baca juga: Gol Duris pada perpanjangan waktu bawa Slovakia ke EURO

Slowakia mengancam lebih dahulu melalui sepakan Juraj Kucka yang dapat diantisipasi kiper Craig Gordon. Skotlandia balas menekan melalui sepakan mendatar Ryan Christie yang mampu digagalkan kiper Marek Rodak.

Tuan rumah memecah kebuntuan pada menit ke-32, melalui peluang bersih pertama mereka. Peter Pekarik mengoperkan bola kepada Jan Gregus, yang sepakannya sempat terdefleksi pemain Skotlandia dan mengecoh kiper Gordon.

Skotlandia kemudian meningkatkan serangan mereka. Namun sampai turun minum, tandukan Oliver McBurnie dan sepakan Stuart Armstrong tidak membahayakan gawang Slowakia.

Baca juga: Skotlandia lolos ke EURO usai singkirkan Serbia lewat adu penalti

Kedua tim saling menyerang pada babak kedua. Peluang pertama didapat Gregus yang sepakan jarak jauhnya melebar, sedangkan upaya Kenny McLean dari Skotlandia melambung di atas mistar gawang.

Kiper Rodak menjadi penyelamat Slowakia saat ia dengan satu tangannya dapat menepis tandukan akurat McLean sehingga gagal bersarang di gawangnya. Tetapi itulah peluang bersih terakhir yang terjadi pada pertandingan itu, dan Slowakia mampu mengamankan kemenangan 1-0 atas tamunya.


Makedonia Utara kokoh di pucuk Grup C2

Pada pertandingan Divisi C Grup 2 (C2) yang dimainkan pada waktu yang bersamaan, Makedonia Utara menaklukkan tamunya Estonia dengan skor 2-1 untuk mengokohkan diri di puncak klasemen.

Baca juga: Goran Pandev antar Makedonia debut di putaran final EURO

Pada pertandingan yang dimainkan di Todor Proeski Arena, Skopje, tersebut, Makedonia Utara Utara membuka keunggulan pada menit ke-29 melalui gol yang diukir Ivan Trickovski meneruskan sepakan voli Stefan Spirovski.

Estonia sempat menyamakan kedudukan pada menit ke-55 berkat sepakan melengkung Rauno Sappinen, namun tuan rumah mampu merestorasi keunggulan satu gol pada menit ke-69 berkat sundulan Vlatko Stojanovski.

Makedonia Utara kini kokoh di pucuk klasemen dengan sembilan poin, sedangkan Estonia yang menelan kekalahan ketiganya terpuruk di dasar klasemen dengan dua poin.

Baca juga: Gerard Moreno selamatkan Spanyol dari kekalahan lawan Swiss
Baca juga: Prancis pastikan ke empat besar Nations League
Baca juga: Swedia hindari degradasi setelah taklukkan Krosia 2-1

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2020