UEFA Nations League

Italia tundukkan Polandia demi ambil alih pucuk klasemen Grup A1

Italia tundukkan Polandia demi ambil alih pucuk klasemen Grup A1

Gelandang tim nasional Italia Jorginho mengkonversi tendangan penalti untuk mencetak gol ke gawang Polandia dalam lanjutan UEFA Nations League Divisi A Grup 1 (A1) di Stadion MAPEI, Reggio Emilia, Italia, Minggu (15/11/2020) waktu setempat. ANTARA/REUTERS/Alberto Lingria.

Jakarta (ANTARA) - Tim nasional Italia menundukkan tamunya Polandia 2-0 dalam laga lanjutan UEFA Nations League di Stadion MAPEI, Reggio Emilia, Minggu waktu setempat (Senin WIB), demi mengambil alih pucuk klasemen sementara Divisi A Grup 1 (A1).

Jorginho menyudahi tren buruknya dari titik putih yang dirasakan selama beberapa pekan terakhir di Chelsea dan mengkonversi tendangan penalti untuk menaklukkan kiper Wojciech Szczesny serta membawa Italia memimpin pada menit ke-27.

Baca juga: Italia compang camping jelang menjamu Polandia

Tujuh menit sebelumnya, Lorenzo Insigne sempat menjebol gawang Polandia tetapi golnya dianulir karena Andrea Belotti berada di posisi offside dan dianggap menghalang-halangi pergerakan Szczesny.

Pada menit ke-52 Insigne kembali berpeluang mencetak gol dan melepaskan tembakan melengkung yang bagus, tetapi bolanya membentur tiang gawang dan hanya menghasilkan sepak pojok.

Tugas Polandia untuk menyamakan kedudukan kian dipersulit sebab pada menit ke-77 pemain pengganti Jacek Goralski menerima kartu kuning kedua dan diusir dari lapangan.

Situasi 11 lawan 10 dimanfaatkan oleh Italia untuk membunuh pertandingan lebih awal pada menit ke-83 ketika Domenico Berardi melewati hadangan bek Polandia sebelum menyontek bola ke area tiang dekat dan memastikan kemenangan tuan rumah 2-0.

Baca juga: Belanda rebut puncak Grup A1 sambil kirim Bosnia terdegradasi

Kemenangan itu membuat Italia naik ke puncak klasemen dengan koleksi sembilan poin, menggusur Belanda (8) yang baru beberapa jam mendudukinya, demikian catatan laman resmi UEFA.

Sedangkan Polandia (7) kini tercecer ke urutan ketiga, kendati demikian Robert Lewandowski dkk masih punya peluang tipis untuk meloloskan diri ke babak empat besar ketika menjamu Belanda dalam laga pemungkas di Chorzow pada Rabu (18/11).

Hanya saja, Polandia tidak cukup dengan mengalahkan Belanda untuk bisa lolos, tetapi juga membutuhkan bantuan Bosnia-Herzegovina untuk mengalahkan Italia di Sarajevo.

Baca juga: Armenia jaga peluang promosi usai taklukkan Georgia
Baca juga: Turki akhirnya petik kemenangan perdana Nations League


Susunan pemain:

Italia (4-3-3): Gianluigi Donnarumma; Alessandro Florenzi (Giovanni di Lorenzo), Francesco Acerbi, Alessandro Bastoni, Emerson; Nicolo Barella, Jorginho, Manuel Locatelli; Federico Bernardeschi (Domenico Berardi), Andrea Belotti (Stefano Okaka), Lorenzo Insigne (Stephan El Shaarawy)
Pelatih: Roberto Mancini

Polandia (4-2-3-1): Wojciech Szczesny; Bartosz Bereszynski, Kamil Glik, Jan Bednarek, Arkadiusz Reca; Grzegorz Krychowiak, Jakub Moder (Jacek Goralski); Sebastian Szymanski (Piotr Zielinski), Karol Linetty (Arkadiusz Milik), Kamil Jozwiak (Kamil Grosicki); Robert Lewandowski
Pelatih: Jerzy Brzeczek

Baca juga: Wales jaga posisi puncak Grup B4 Nations League
Baca juga: Belarusia dan Albania berebut tiket promosi hingga laga pemungkas
Baca juga: Slowakia stop tren nirkalah Skotlandia dan jaga asa hindari degradasi

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Teguh Handoko
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar