Kemarin, RCEP tumbuhkan harapan baru hingga uji coba persinyalan LRT

Kemarin, RCEP tumbuhkan harapan baru hingga uji coba persinyalan LRT

Presiden Joko Widodo saat penandatanganan perjanjian Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP) di Istana Kepresidenan Bogor, Minggu (15/11/2020). ANTARA/HO-Biro Pers Sekretariat Presiden/Muchlis Jr/aa.

Jakarta (ANTARA) - Sejumlah informasi penting menghiasi berita ekonomi pada Minggu (15/11/2020) kemarin, mulai dari Perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif Regional (Regional Comprehensive Economic Partnership/RCEP) yang menumbuhkan harapan baru hingga Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi yang melakukan uji coba sistem persinyalan Kereta Ringan atau Light Rail Transit (LRT) LRT Jabodebek.

Berikut rangkuman berita selengkapnya yang masih menarik untuk dibaca.

1. Ditandatangani di tengah pandemi, Mendag: RCEP tumbuhkan harapan baru
Menteri Perdagangan Agus Suparmanto mengatakan bahwa Perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif Regional (Regional Comprehensive Economic Partnership/RCEP) menumbuhkan harapan baru karena ditandatangani di tengah pandemi COVID-19.

“Penandatanganan RCEP hari ini merupakan pencapaian tersendiri bagi Indonesia di kancah perdagangan internasional. Kita patut berbangga karena RCEP lahir atas gagasan Indonesia pada 2011 dan proses perundingannya hingga selesai sepenuhnya dipimpin salah satu putra terbaik Indonesia,” kata Mendag disiarkan secara virtual di Jakarta, Minggu.

Baca selengkapnya di sini


2. Pemerintah siapkan konsultasi publik aturan turunan UU Cipta Kerja
Pemerintah menyiapkan sosialisasi dan konsultasi publik terkait aturan turunan UU Cipta Kerja yakni Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) dan Rancangan Peraturan Presiden (RPerpres).

"Supaya masyarakat yang akan memberikan masukan sudah memahami terlebih dahulu substansinya, sehingga masukan yang diberikan bisa lebih fokus dan substantif," kata Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Susiwijono Moegiarso dalam keterangan tertulis di Jakarta, Minggu.

Baca selengkapnya di sini


3. Kemenparekraf dorong munculnya desainer andal di Indonesia
Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) meluncurkan buku “Proyek Desain: Dasar Pengadaan & Pengelolaan Jasa Desain di Indonesia” sebagai upaya untuk meningkatkan kompetensi sekaligus memunculkan regenerasi desainer andal di Indonesia.

Direktur Kajian Strategis Kemenparekraf/Baparekraf, Wawan Rusiawan di Jakarta, Minggu menjelaskan, buku tersebut diharapkan dapat memberikan manfaat khususnya bagi anak muda yang sedang belajar tentang desain.

Baca selengkapnya di sini


4. Alasan Ridwan Kamil ajak investor kembangkan wisata Ciater di Subang
Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil atau Kang Emil mengajak para investor untuk mengembangkan kawasan objek di Ciater, Kabupaten Subang, Jabar, yang dikenal dengan pemandian air panasnya dan saat ini juga ada potensi wisata lainnya di kawasan tersebut yakni air terjun.

"Jadi saat saya meninjau kawasan perkebunan teh milik PT Perkebunan Nusantara atau PT PN VIII di Ciater, Kabupaten Subang, Ciater kelebihannya itu memiliki banyak sumber air panas. Ternyata baru ditemukan sumber air panas lainnya (di Ciater)," kata Kang Emil di Ciater, Minggu.

Baca selengkapnya di sini


5. Menhub uji coba persinyalan LRT Jabodebek
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi uji coba sistem persinyalan Kereta Ringan atau Light Rail Transit (LRT) LRT Jabodebek dari Stasiun TMII-Stasiun Harjamukti, Cibubur pergi pulang (PP) untuk memastikan proyek pembangunan berjalan tepat waktu dan dapat beroperasi pada pertengahan tahun 2022.

"Hari ini saya bangga bahwa anak bangsa membangun LRT dengan kemampuannya sendiri. Seperti, PT Adhi Karya yang telah berhasil membangun konstruksi jalur yang telah mendapatkan MURI, PT LEN yang telah memberikan dukungan sistem dengan teknologi canggih, dan PT INKA yang membangun keretanya,” kata Menhub Budi Karya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Minggu.

Baca selengkapnya di sini

Pewarta: Citro Atmoko
Editor: Kelik Dewanto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Menelaah manfaat Perjanjian Dagang RCEP bagi Indonesia

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar