Nunukan (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara, memprioritaskan pengiriman logistik Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Nunukan 2020 ke wilayah perbatasan negara dan pelosok yang sulit terjangkau melalui jalur darat.

Pertama kali logistik pilkada akan didistribusikan ke lima kecamatan di wilayah perbatasan dengan Sarawak, Malaysia yang hanya bisa dijangkau menggunakan jalur udara.

"Kami distribusi semua logistik pertama kali ke lima kecamatan di Krayan dahulu karena jangkauannya hanya dengan pesawat," kata Ketua KPU Kabupaten Nunukan Rahman di Nunukan, Senin.

Baca juga: KPU Depok pastikan logistik surat suara aman

Rahman mengatakan bahwa pihaknya merencanakan pengiriman logistik ke lima kecamatan tersebut pada tanggal 1—5 Desember 2020. Selanjutnya, ke tiga kecamatan di Lumbis Ogong yang bisa dijangkau menggunakan perahu cepat lewat sungai.

Ia menjelaskan bahwa pihaknya masih menunggu kedatangan logistik pilkada yang saat ini sedang dalam perjalanan pengiriman dari percetakan.

Pertimbangan utama distribusi logistik ke kecamatan yang sulit dijangkau lebih dipercepat, kata dia, guna mengantisipasi terhambatnya penerbangan pesawat ke wilayah itu.

"Kami harus antisipasi jangan sampai ada kendala penerbangan pesawat kalau distribusikan 2 hari sebelum hari-H pencoblosan," kata Rahman menjelaskan.

Di lain pihak, lanjut dia, juga faktor keamanan.

Baca juga: Jelang Pilkada Karawang, 40.059 petugas KPPS akan dites cepat COVID-19

Menurut dia, langkah inilah yang harus ditempuh oleh KPU Kabupaten Nunukan karena pengangkutannya hanya menggunakan pesawat, sedangkan tiga kecamatan harus melalui jalur sungai dengan perjalanan yang relatif cukup lama.

Kelima kecamatan yang berbatasan dengan Sarawak dan harus diangkut menggunakan pesawat, yakni Krayan, Krayan Timur, Krayan Selatan, Krayan Barat, dan Krayan Tengah.

Ia menyebutkan tiga kecamatan yang menggunakan jalur sungai, yakni Lumbis Hulu, Lumbis Ogong, dan Lumbis Pansiangan.

Kecamatan lainnya yang mudah dijangkau dengan darat maupun sungai, kata Rahman, diusahakan distribusi logistik sehari sebelum hari-H pemungutan suara.

Sebagian logistik Pilkada Serentak 2020, kata dia, telah tiba di Kantor KPU Nunukan, kecuali bilik suara, surat suara, dan kotak suara.

Pewarta: Rusman
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2020