Jakarta (ANTARA/JACX) - Presiden terpilih Amerika Serikat Joe Biden, dalam sebuah unggahan di Facebook, disebut telah melakukan pertemuan dengan Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) di Istana Bogor, Jawa Barat.

Kiriman di media sosial tersebut turut menampilkan foto sebuah mobil hitam dengan nomor plat kendaraan B 1 DEN. 

Unggahan yang beredar pada 8 November 2020 itu, sudah mendapatkan 97 respon dan dibagikan ulang sebanyak 10 kali, serta dikomentari 17 pengguna lain Facebook pada Senin (16/11) sore.  

Berikut narasi yang termuat dalam kiriman di Facebook itu:

"Setelah resmi ditetapkan sebagai Presiden terpilih USA....Biden Otw ke Istana Bogor. Ini klu bukan saudara gk bakalan aq kasih tahu lho....".

Namun, benarkah Joe Biden bertemu dengan Jokowi di Bogor?
 
Tangkapan layar hoaks yang menyatakan Joe Biden bertemu Jokowi di Istana Bogor. (Facebook)


Penjelasan:
Hasil penelusuran ANTARA pada Senin (16/11) menunjukkan narasi tentang pertemuan Joe Biden dengan Jokowi di Facebook itu merupakan kabar bohong atau hoaks.

Tidak ada satu media pun yang mengabarkan pertemuan resmi dua tokoh tersebut.

Menurut laman resmi setkab.go.id, Presiden Jokowi dan Joe Biden terakhir kali berinteraksi pada 2015 di Washington, saat Presiden AS tertua sepanjang masa itu masih menjabat sebagai Wakil Presiden AS, pendamping Barack Obama.

Joe Biden, saat menerima kunjungan Presiden Jokowi dalam jamuan santap siang di kediaman resmi Wapres AS, Selasa (27/10), memberikan pujian kepada Indonesia sebagai negara besar yang dapat menjalankan pemilihan umum dengan baik dan aman.

Dalam Pemilihan Presiden AS 2020, Joe Biden mendapatkan total suara elektoral mencapai 306. Sedangkan Donald Trump mendapatkan 232 suara elektoral, hingga Sabtu (15/11).

Klaim: Joe Biden bertemu Jokowi di Istana Bogor
Rating: Salah/Disinformasi

Baca juga: Presiden Jokowi sampaikan selamat kepada Joe Biden dan Kamala Harris

Baca juga: Presiden Jokowi makan siang bersama Wapres Joe Biden

Pewarta: Tim JACX
Editor: Imam Santoso
Copyright © ANTARA 2020