Bamsoet sarankan pemerintah beri edukasi pengungsi gunakan masker

Bamsoet sarankan pemerintah beri edukasi pengungsi gunakan masker

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo. (Istimewa)

Serta secara rutin melakukan monitoring yang ketat termasuk testing dan tracing di lokasi pengungsian sebagai salah satu upaya pemerintah menjaga dan menjamin kesehatan para pengungsi
Jakarta (ANTARA) - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo meminta pemerintah dalam hal ini Kementerian Kesehatan (Kemenkes) bekerja sama dengan badan penanggulangan bencana daerah (BPBD) dan Satgas Penanganan Covid-19, untuk terus memberikan edukasi dan menyampaikan pentingnya pemakaian masker kepada para pengungsi lereng Merapi.

"Pemerintah juga perlu memberikan pendampingan yang intensif terhadap para pengungsi dalam menerapkan protokol kesehatan, khususnya penggunaan masker sebagai upaya pemerintah dalam mencegah terjadinya klaster baru COVID-19 yang berasal dari tempat pengungsian," kata Bamsoet dalam keterangannya di Jakarta, Senin.

Hal itu dikatakannya terkait penggunaan masker belum sepenuhnya diterapkan para pengungsi lereng Merapi.

Baca juga: Dinkes Sleman : Belum ada keluhan kesehatan pengungsi erupsi Merapi

Baca juga: Jumlah pengungsi Merapi di Balerante Klaten terus bertambah


Dia mengatakan saran-nya tersebut mengingat kondisi di pengungsian perlu teknis khusus untuk memberikan pemahaman bagi warga di pengungsian yang terdampak bencana.

Bamsoet juga mendorong pemerintah daerah, BPBD dan Satgas Penanganan COVID-19 daerah memastikan sarana prasarana pengungsian dan sarana pendukung protokol kesehatan yang memadai dan telah disiapkan di setiap titik pengungsian.

"Serta secara rutin melakukan monitoring yang ketat termasuk testing dan tracing di lokasi pengungsian sebagai salah satu upaya pemerintah menjaga dan menjamin kesehatan para pengungsi," ujarnya.

Dia juga mendorong pemda dan Satgas Penanganan COVID-19 menyiapkan ruang khusus isolasi di setiap lokasi pengungsian sehingga apabila ada pengungsi yang teridentifikasi positif COVID-19 bisa langsung diisolasi dan ditangani secara tepat oleh tenaga kesehatan yang berjaga, guna mencegah meluas-nya penyebaran COVID-19 di lokasi pengungsian.

Politisi Partai Golkar itu juga meminta pemerintah daerah bersinergi dengan lembaga daerah TNI, Polri serta masyarakat dalam melakukan pengawasan terhadap penerapan prokes pencegahan COVID-19 di setiap titik lokasi pengungsian.

"Dengan begitu dapat meningkatkan kesadaran dan kedisiplinan para pengungsi," katanya.

Dia meminta pemerintah mendirikan posko kesehatan untuk memantau dan tetap memastikan kesehatan para pengungsi terjamin, terutama yang masuk kategori kelompok rentan seperti manula, balita dan ibu hamil.

Baca juga: BPBD Sleman waspadai potensi erupsi Merapi ke arah barat

Baca juga: Antisipasi penularan, sukarelawan di pengungsian Merapi dites cepat


Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Chandra Hamdani Noor
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Kilas NusAntara Sore

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar