Asisten penulis "CLOY", Gwak Moon-wan ingin satukan Korsel dan Korut

Asisten penulis "CLOY", Gwak Moon-wan ingin satukan Korsel dan Korut

Asisten penulis drama Korea "Crash Landing on You", Gwak Moon-wan saat berbincang secara virtual bersama ANTARA, Selasa (17/11/2020) (ANTARA/Maria Cicilia Galuh)

Jakarta (ANTARA) - Asisten penulis drama Korea "Crash Landing on You", Gwak Moon-wan atau Kwak Moon-wan mengatakan tertarik untuk membuat cerita yang menyatukan Korea Utara dan Korea Selatan.

Moon-wan mengaku sangat tertarik untuk membuat  kisah tentang penyatuan Korea Utara dan Korea Selatan. Dia ingin sekali menggambarkan bahwa hubungan kedua negara tersebut bisa terlihat lebih baik walau hanya dalam drama.

"Ini mungkin karena asal saya dari Korea Utara dan berhubungan dengan nasib saya, jadi saya berpikir tentang penyatuan Korea Utara dan Korea Selatan dan menjadi lebih baik," kata Moon-wan dalam program KOCIS (Korean Culture and Information Service) bersama ANTARA, Selasa.

Pengetahuan tentang kehidupan di Korea Utara disebut Moon-wan menjadi salah satu modalnya untuk bekerja di industri hiburan Korea. Latar belakang ini juga yang membuatnya terlibat dalam drama "Crash Landing on You" yang bercerita tentang kisah cinta terlarang antara pria dari Korea Utara dan wanita dari Korea Selatan.

Baca juga: Pihak "Crash Landing On You" jawab rumor Yoon Se Ri hamil

Baca juga: "Crash Landing on You" dianggap bermasalah karena muliakan Korea Utara


Di situlah peran saya dan ini bisa saya jadikan sebagai modal untuk bersaing dengan pekerjaan ini (penulis)," ujar Moon-wan.

Sementara itu, Moon-wan mengatakan sedang menulis cerita komedi bromance antara Korea Utara dan Korea Selatan. Meski terdapat hubungan yang romantis, namun kisah ini berbeda dengan "Crash Landing on You".

Moon-wan ingin menonjolkan sisi bromance atau hubungan kedekatan antara laki-laki yang lebih dari sekadar sahabat.

"Saya sedang menulis cerita tentang mata-mata Korea Utara dan Korea Selatan, kalau 'Crash Landing on You" komedi romantis, ini lebih ke romantis laki-laki, bromance dan saya harap ini bisa dicintai seperti 'Crash Landing on You'," ujar Moon-wan.

Moon-wan mengatakan menulis cerita komedi romantis memiliki tantangan tersendiri. Terlebih di sini, dia harus membuat kisah romantis antar laki-laki.

Gwak Moon-wan adalah seorang pembangkang yang merupakan mantan anggota satuan keamanan pejabat tinggi Korea Utara. Setelah mengabdikan diri selama bertahun-tahun kepada keluarga Kim Jong-il, pada 2004 Moon-wan memutuskan untuk membangkang dan melarikan diri ke Korea Selatan.

Moon-wan sendiri ternyata sempat belajar penyutradaraan film di sebuah kampus seni di Pyongyang. Latar belakang pendidikannya ini ternyata berguna di industri hiburan Korea.

"Crash Landing on You" pun mendapat bantuan dari Moon-wan untuk menggambarkan secara detil kehidupan masyarakat dan juga militer di Korea Utara. Baca juga: Sukses sebarkan Hallyu, Hyun Bin raih penghargaan dari Presiden Korsel

Baca juga: Seo Ji Hye dan Kim Jung Hyun lanjutkan kisah cinta di drama baru

Baca juga: IU disebut akan isi "soundtrack" K-drama "Crash Landing on You"


Pewarta: Maria Cicilia
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar