LaNyalla: Kota Gorontalo menuju zona hijau, jangan kasih kendor!

LaNyalla: Kota Gorontalo menuju zona hijau, jangan kasih kendor!

Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti saat berkunjung ke Gorontalo, Selasa. ANTARA/Humas DPD.

Gorontalo (ANTARA) - Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti mengatakan pihaknya mengapresiasi kondisi Kota Gorontalo yang saat ini tengah menuju status zona hijau COVID-19.

“Saya meyakini, baik Kota Gorontalo maupun kabupaten-kabupaten di Provinsi Gorontalo lainnya akan segera menjadi zona hijau corona. Makanya, jangan kasih kendor," ujarnya saat tiba di Kota Gorontalo, Selasa malam.

"Jangan kasih kendor" seperti yang disampaikan LaNyalla adalah agar masyarakat Kota Gorontalo tidak longgar dalam menerapkan protokol kesehatan. Dengan demikian, penyebaran virus corona di wilayah itu bisa dihentikan.

Baca juga: Gorontalo terendah pada penambahan kasus COVID-19

Baca juga: Gubernur Gorontalo jajaki kerja sama dengan Lampung


“Pemprov dan pemerintah kabupaten/kota juga jangan kendor untuk melakukan pengawasan protokol kesehatan. Jangan kendor menangani pasien-pasien corona, dan jangan kendor juga melakukan sosialisasi serta pencegahan," tutur LaNyalla.

Kota Gorontalo tengah menuju zona hijau corona, karena telah menunjukkan perkembangan yang sangat baik. Ini menyusul mulai berkurangnya kasus baru hingga kesembuhan yang meningkat di hampir semua wilayah Kota Gorontalo.

“Kita perlu apresiasi langkah Pemkot Gorontalo yang berhasil menekan laju penyebaran virus corona. Ini patut ditiru daerah-daerah lain," tambahnya.

Berdasarkan data per 8 November 2020, 7 kecamatan dari 9 wilayah di Kota Gorontalo sudah berkategori zona hijau. Dari data itu juga diketahui hanya tersisa 12 pasien aktif positif OVID-19. Sisanya sudah sembuh, meski ada yang meninggal dunia. Oleh karena itu, ia meminta masyarakat untuk tidak lengah.

"Protokol kesehatan harus tetap dilakukan walaupun Kota Gorontalo saat ini menyisakan sedikit kasus corona. Memakai masker, menjaga jarak, dan rajin mencuci tangan harus selalu menjadi kebiasaan sehari-sehari,” kata senator asal Dapil Jawa Timur itu.

Ia berharap keberhasilan Kota Gorontalo bisa diikuti oleh wilayah lain di Provinsi Gorontalo. Selain Kota Gorontalo, ada lima wilayah yang berada dalam administrasi Provinsi Gorontalo, yakni Kabupaten Boalemo, Kabupaten Bone Bolango, Kabupaten Gorontalo, Kabupaten Gorontalo Utara, dan Kabupaten Pohuwato.

"Provinsi Gorontalo ini perkembangannya memang tercatat cukup bagus ya. Sudah beberapa kali, Provinsi Gorontalo kita tahu kerap nihil tambahan kasus corona," imbuhnya.

Baca juga: Bertambah 83 orang, positif COVID-19 di Gorontalo naik 2.922 kasus

Baca juga: BNPB serahkan bantuan penanganan COVID-19 di Gorontalo

Baca juga: BNPB : 17 persen warga tak percaya COVID-19 adalah tantangan


Ia juga meminta senator asal Dapil Gorontalo terus mendampingi pemda dalam pergerakan ekonomi, karena itu akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

Senator asal Gorontalo adalah Fadel Muhammad, yang juga wakil ketua MPR RI, Abdurrahman Abubakar Bahmid, Rahmijati Jahja, dan Dewi Sartika Hemeto.

LaNyalla berkunjung ke Gorontalo usai bertemu Bupati Bolaang Mongondo Utara Depri Pontoh di Baroko, Bolmut, Sulut.

Pewarta: Debby H. Mano
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Tingkat kesembuhan 85%, Magetan masuk zona kuning

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar