Jakarta (ANTARA) - Perdana Menteri Australia Scott Morrison mulai melakukan pendekatan dengan menemui Presiden Komite Olimpiade Internasional (IOC) Thomas Bach di Tokyo, Selasa, sebagai persiapan menghadapi proses bidding tuan rumah Olimpiade 2032.

Dilansir Reuters, Selasa, Morrison yang sedang berada di Tokyo itu menemui Bach yang juga tengah berkunjung ke Jepang dalam rangka pembahasan Olimpiade 2020 Tokyo.

Selain membahas penundaan Olimpiade Tokyo hingga tahun depan, pertemuan yang turut dihadiri anggota IOC yang juga Presiden Komite Olimpiade Austarlia (AOC) John Coates itu membahas soal pencalonan Bribane dalam bidding Olimpiade 2032.

Baca juga: NOC Indonesia ingin pencak silat dan sepak takraw ke Olimpiade 2032

Dalam sebuah video yang diunggah AOC melalui Twitter-nya, Coates menyatakan bahwa Morrison mendukung penuh Brisbane maju dalam bidding tuan rumah Olimpiade 2032.

"Perdana Menteri Morrison dan Presiden Thomas Bach telah melakukan pertemuda tadi pagi," kata Coates.

"Perdana Menteri menegaskan kembali dukungan penuh Pemerintah Australia kepada pemerintah negara bagian Queensland dan Brisbane sebagai kandidat tuan rumah Olimpiade 2032," ujarnya menambahkan.


Bach pun memuji perencanaan dini yang telah disiapkan Australia demi bidding Olimpiade 2032, yang akan dipusatkan di ibu kota negara bagian Queensland, Brisbane.

Sepanjang penyelenggaraan Olimpiade musim panas, Australia tercatat sudah pernah dua kali menjadi tuan rumah, yakni pada 1956 di Melbourne dan pada 2000 di Sydney. Baca juga: KOI awali kunjungan ke IOC bahas bidding tuan rumah Olimpiade 2032
Baca juga: Presiden: Pencalonan tuan rumah Olimpiade bukan untuk "gagah-gagahan"


Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2020