UEFA Nations League

Swedia terdegradasi dari Divisi A setelah ditaklukkan Prancis 2-4

Swedia terdegradasi dari Divisi A setelah ditaklukkan Prancis 2-4

Gelandang Swedia Sebastian Larsson (kiri) berduel memperebutkan bola dengan penyerang Prancis Olivier Giroud pada pertandingan pamungkas Divisi A Grup 3 yang dimainkan di Stade de France, St Denis, Selasa (17/11/2020). (ANTARA/AFP/FRANCK FIFE)

Jakarta (ANTARA) - Swedia dipastikan terdegradasi dari Divisi A UEFA Nations League, setelah ditaklukkan oleh tuan rumah Prancis 2-4 pada pertandingan pemungkas Divisi A Grup 3 yang dimainkan di Stade de France, St Denis, Selasa waktu setempat (Rabu dini hari WIB).

Dengan hasil itu, Swedia tetap berada di posisi juru kunci A3 dengan koleksi tiga poin. Koleksi poin Swedia sama dengan milik Kroasia yang berada di posisi ketiga, namun mereka kalah selisih gol. Satu tim lain di A3, Portugal, tetap berada di posisi kedua, kali ini dengan 13 poin, demikian catatan laman resmi UEFA.

Swedia sempat menghidupkan harapan meraih tiga poin pada fase awal pertandingan. Laga baru berusia lima menit, mereka mampu unggul ketika Viktor Claesson melaju ke area pertahanan Prancis dan kotak penalti tuan rumah, sebelum melepaskan sepakan yang terdefleksi Raphael Varane untuk masuk ke dalam gawang Prancis.

Les Bleus menyamakan kedudukan pada menit ke-16. Olivier Giroud bergerak cepat untuk menguasai bola di area pertahanannya, sebelum membiarkan Antoine Griezmann menguasai bola. Griezman kemudian mengoperkan kepada Marcus Thuram, yang melaju ke dalam kotak penalti untuk menyodorkan umpan yang diselesaikan dengan sempurna oleh Giroud.

Baca juga: Prancis pastikan ke empat besar Nations League

Prancis kemudian berbalik memimpin pada menit ke-36. Griezmann mencuri bola dari Sebastian Larsson dan mengirimkannya kepada Thuram. Thuram berhasil melepaskan tembakan yang terdefleksi ke arah pergerakan Benjamin Pavard, untuk kemudian diteruskan dengan sepakan voli ke sudut jauh.

Setelah gagal memanfaatkan sejumlah peluang, Giroud berhasil mengemas gol keduanya pada menit ke-59 dengan menanduk bola umpan silang Paul Pogba, untuk membawa Prancis memimpin 3-1.

Swedia mampu memperkecil ketertinggalan pada menit ke-88 melalui gol Robin Quaison dengan memanfaatkan operan Pierre Bengtsson. Namun Prancis masih memperbesar keunggulannya pada menit ke-95, saat Kingsley Coman melepaskan sepakan dari luar kotak penalti yang bersarang ke gawang tim tamu.

Portugal tundukkan Kroasia

Pada pertandingan lain yang dimainkan di Stadion Poljud, Split, Portugal mendulang kemenangan 3-2 atas tuan rumah Kroasia.

Kroasia membuka keunggulan pada menit ke-29 melalui gol Mateo Kovacic. Nikola Vlasic mampu mematahkan perangkap offside dan mengirim umpan silang dari sisi kanan, bola gagal diantisipasi dengan baik oleh Ruben Semedo, dan Mario Pasalic meneruskannya kepada Vlasic. Tembakan pertama Plasic dapat ditahan kiper Rui Patricio, namun ia cekatan menyambar bola pantul.

Petaka untuk Kroasia terjadi pada menit ke-51. Marko Rog melanggar Cristiano Ronaldo dari belakang, yang membuatnya diganjar kartu kuning kedua dan harus meninggalkan lapangan.

Baca juga: Portugal pesta tujuh gol tanpa balas ke gawang Andorra

Portugal kemudian menyamakan kedudukan pada menit ke-51. Ronaldo melepaskan tendangan bebas, bola kemudian didorong kiper Dominik Livakovic ke arah Semedo, yang mengoperkannya untuk diteruskan menjadi gol oleh Ruben Dias.

Tim tamu berbalik memimpin pada menit ke-60. Diogo Jota mampu menyusup ke belakang Mile Skoric, menarik kiper Livakovic, dan menyodorkannya untuk disambar Joao Felix masuk ke gawang yang kosong.

Kroasia tidak menyerah begitu saja. Mereka mampu menyamakan kedudukan pada menit ke-65, ketika sepakan Kovacic dari luar kotak penalti bersarang ke sudut bawah gawang Portugal.

Asa Kroasia untuk mengamankan satu poin buyar setelah mereka kemasukan gol ketiga pada menit ke-90.

Baca juga: Spanyol cukur Jerman 6-0 untuk melangkah ke empat besar Nations League
Baca juga: Courtois tegaskan Belgia tidak remehkan Denmark
Baca juga: Southgate jagokan Grealish untuk bersinar bersama timnas Inggris

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar