WIKA raih lima penghargaan bergengsi ESG Terbaik 2020

WIKA raih lima penghargaan bergengsi ESG Terbaik 2020

PT Wijaya Karya (Persero) Tbk. atau WIKA berhasil meraih lima penghargaan bergengsi Environmental, Social, dan Governance (ESG) Terbaik Tahun 2020. Dokumentasi PT Wijaya Karya (Persero) Tbk.

Jakarta (ANTARA) - PT Wijaya Karya (Persero) Tbk. atau WIKA berhasil membawa pulang lima penghargaan bergengsi Environmental, Social, dan Governance (ESG) Terbaik 2020.

Corporate Communication WIKA dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu, menyebutkan penghargaan ini diberikan oleh Berita Satu Media Holding - Bumi Global Karbon Foundation kepada perseroan pada puncak penghargaan ESG Award 2020.

Pada ajang ini WIKA mendapatkan lima penghargaan ESG 2020 untuk kategori Keterbukaan ESG Emiten Sektor Konstruksi Terbaik, Keterbukaan Environmental (E) Emiten Konstruksi Terbaik, Keterbukaan Social (S) Emiten Sektor Konstruksi Terbaik, Keterbukaan Governance (G) Emiten Sektor Konstruksi Terbaik, dan Keterbukaan Governance (G) BUMN Non Bank Terbaik.

Baca juga: Core: Begitu ekonomi pulih, sektor konstruksi bangkit

Dalam kesempatan yang sama anak usaha WIKA yakni PT WIKA Beton Tbk atau WTON juga meraih apresiasi untuk kategori Keterbukaan ESG Emiten Sektor Industri Dasar Terbaik, Keterbukaan Environmental Emiten Sektor Industri Dasar Terbaik, Keterbukaan Sosial Emiten Sektor Industri Dasar Terbaik, dan Keterbukaan Governance Emiten Sektor Industri Dasar Terbaik.

Direktur Pemberitaan Beritasatu Media Holding Primus Dorimulu yang menjalankan peran sebagai moderator pada acara tersebut mengatakan tahun 2020 adalah tahun yang sangat krusial untuk banyak negara dengan adanya ripple effect atau efek riak dari pandemi COVID-19.

Pandemi tidak hanya mempengaruhi aktivitas ekonomi, tetapi juga mempengaruhi environmental, social, governance  terkait kesehatan dan keselamatan, produktivitas tenaga kerja, pengawasan dewan dan eksekutif, serta gangguan operasional.

Baca juga: WIKA pecahkan rekor lokakarya keteknikan terlama & dengan peserta terbanyak

Bahkan ripple effect pandemi juga berdampak pada kebiasaan global yang menyangkut perubahan pada konsumsi, gangguan rantai pasokan, perubahan dukungan pemerintah, pengembalian investor, pengawasan media, pengurangan polusi, termasuk jaga jarak.

Untuk memitigasi efek-efek tersebut, salah satu langkah yang dapat dilakukan oleh perusahaan, kata Primus, adalah dengan penilaian pengungkapan faktor ESG dalam Sustainability Report (SR).

Berita Satu Media Group sebagai of cial media partner bekerja sama dengan Bumi Global Karbon yang merupakan anggota dari Global Reporting Initiative (GRI), Task Force on Climate-related Financial Disclosure (TCFD), dan Partner Silver dari Carbon Disclosure Project (CDP), melaksanakan penilaian dengan metodologi, analisis 33 faktor ESG berdasarkan faktor ESG pasar modal terkemuka, studi peraturan, perjanjian internasional, serta standar dan pedoman pelaporan yang juga telah melalui proses assurance oleh Tuv Rheinland.

Evaluasi terhadap pengungkapan ESG perlu dilakukan untuk mengukur sejauh mana transparansi ESG telah dicapai perusahaan dan langkah apa yang dapat dipraktikkan untuk meningkatkan pencapaian pengungkapan ESG.

Baca juga: WIKA selalu hadir dan partisipatif dalam membangun Indonesia

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2020

"GESITS" Kendaraan ramah lingkungan untuk ketahanan energi nasional

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar