MPR: Negara maju jika kualitas SDM terjaga dan meningkat

MPR: Negara maju jika kualitas SDM terjaga dan meningkat

Wakil Ketua MPR, Fadel Muhammad, hadir dalam acara Seminar Nasional Kebangsaan kerja sama MPR dengan Universitas Ichsan, Gorontalo, Selasa (17/11). ANTARA/HO-MPR

Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua MPR, Fadel Muhammad, mengatakan, majunya suatu negara --termasuk Indonesia-- ditentukan faktor kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul, terjaga, dan meningkat.

Menurut dia, kualitas SDM itu hanya bisa muncul melalui pendidikan di sekolah atau perguruan tinggi yang berkualitas.

"Sistem pendidikan Indonesia dari masa ke masa banyak memiliki manusia-manusia unggul seperti Bapak BJ Habibie. Saat ini, Indonesia masih banyak memerlukan generasi berkualitas seperti beliau untuk membangun bangsa," kata dia, di Jakarta, Rabu.

Hal itu dia katakan usai menghadiri acara Seminar Nasional Kebangsaan hasil kerja sama MPR dengan Universitas Ichsan, Gorontalo, Selasa (17/11).

Baca juga: Sri Mulyani: SDM berkualitas hasilkan negara kuat

Ia mengatakan, generasi muda pelajar dan mahasiswa adalah calon-calon manusia unggul tersebut, terutama para mahasiswa yang beruntung karena bisa menikmati pendidikan yang baik dan layak sehingga harus disyukuri dan jangan disia-siakan.

Bentuk rasa syukur itu, menurut dia adalah dengan belajar dengan rajin, serap ilmu sebanyak-banyaknya, setelah itu, dengan ilmu yang didapat berkiprahlah untuk bangsa dan negara.

Ia mengajak generasi muda untuk tetap bersemangat di tengah berbagai permasalahan bangsa dan juga harus mampu menggali potensi dirinya secara maksimal.

Baca juga: MPR: kondisi pandemi pengaruhi kualitas SDM di Indonesia

"Pesan saya, tetaplah berada di jalur yang benar. Jangan sia-siakan masa muda dengan melakukan hal-hal yang malah merusak masa depan," katanya.

Dalam sesi dialog interaktif dan tanya jawab, dia membuka ruang itu yang langsung direspon antusias peserta mahasiswa.

Misalnya mahasiswi Fakultas Hukum Universitas Ichsan, Fitri, membahas pandangannya tentang kerjasama regional Indonesia dengan negara-negara ASEAN dan negara-negara Asia Pasifik.

Hadir dalam acara yang menerapkan protokol kesehatan secara ketat itu Wakil Bupati Gorontalo Utara, Thariq Modanggu, Rektor Universitas Ichsan, Dr Abdul Gaffar La Tjokke, Rektor Universitas Pohuwato, Dr Juriko Abdussamad, dosen serta mahasiswa dan mahasiswi Universitas Ichsan dari berbagai fakultas.

Baca juga: Indef imbau pemerintah tingkatkan program perbaikan kualitas SDM

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Kilas NusAntara Sore

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar