Perkantoran di Sintang, Kalbar, disiplin terapkan protokol kesehatan

Perkantoran di Sintang, Kalbar, disiplin terapkan protokol kesehatan

Pjs Bupati Sintang, Florentinus Anum (ANTARA/Dedi)

Pontianak (ANTARA) - Pejabat Sementara (Pjs) Bupati Sintang, Kalimantan Barat Florentinus Anum memastikan aktivitas di lingkungan perkantoran daerah tersebut disiplin menerapkan protokol kesehatan (prokes) guna mencegah dan mengendalikan pandemi COVID-19.

"Secara aturan sudah ada surat edaran kita buat untuk disiplin penerapan prokes COVID-19 dan pengaturan lainnya sehingga pencegahan terhadap pandemi bisa diterapkan maksimal," ujar Pjs Bupati Sintang, Florentinus Anum saat dihubungi di Sintang, Rabu.

Anum menjelaskan dalam aktivitas pekerjaan dan layanan oleh ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sintang juga ada diatur baik dengan bekerja di rumah atau work from home (WFH) maupun di kantor itu sendiri.

"Masing - masing  organisasi perangkat daerah (OPD) menerapkan baik WFH maupun di kantor dan itu disesuaikan dengan kebutuhan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat," kata dia.

Sementara untuk kantor yang melayani urusan vital masyarakat seperti Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Anum mengatakan kantor tetap buka dengan penyesuaian.

"Tidak dipungkiri juga di Disdukcapil dalam hal layani kita batasi juga agar tidak ada kerumunan dan lainnya. Sebelumnya kita dalam sehari melayani 500 orang dan saat pandemi ini hanya 150 orang saja,"katanya.

Anum mengatakan baik ASN maupun masyarakat di lingkungan perkantoran diwajibkan menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak serta lainnya. Hal itu untuk memastikan agar siapa pun jangan sampai terkena COVID-19.

"Jadi semua pihak harus menerapkan Prokes dengan disiplin," kata dia.

Dari sisi penegakan prokes COVID-19 di lapangan, apabila ada ASN di lingkungan perkantoran yang tidak disiplin maka akan ditegur dan diberi saksi lainnya. 

"Untuk penerapan prokes di tengah masyarakat seperti di warung kopi dan lainnya kita dari Satgas penanganan COVID-19 juga sering turun langsung ke lapangan razia masker dan lainnya. Bahkan kita melakukan tes cepat terhadap pengunjung," kata dia.


#satgascovid19
#ingatpesanibu

Baca juga: Bupati Landak ajak masyarakat tetap terapkan protokol kesehatan

Baca juga: Pasien positif COVID-19 tambah 3.807 jadi 474.455 orang

Baca juga: KPU Sambas optimistis protokol kesehatan diterapkan dengan baik di TPS

Pewarta: Dedi
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Pemkot ungkap hasil evaluasi warga Kota Ambon masih abai prokes

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar