Peserta juga berkesempatan besar untuk mendapatkan eksposure pemasaran pada berbagai pameran maupun event baik di dalam maupun luar negeri.
Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 18 pelaku usaha kecil menengah (UKM) meraih penghargaan dalam ajang Festival Kreatif Lokal (FKL) 2020 karena dinilai berhasil dalam menciptakan prestasi kinerja mengagumkan di tengah pandemi COVID-19.

Direktur Pemasaran Ekonomi Kreatif Kemenparekraf/Baparekraf Yuana Rochma Astuti dalam pernyataannya di Jakarta, Rabu, menjelaskan Kemenparekraf berkomitmen untuk memberikan pendampingan usaha dan mengikutkan para finalis dalam program-program yang tersedia luas di Kemenparekraf, seperti program "BeliKreatifLokal" maupun program lain.

“Peserta juga berkesempatan besar untuk mendapatkan eksposure pemasaran pada berbagai pameran maupun event baik di dalam maupun luar negeri,” katanya.

Baca juga: Kemenparekraf gelar Wisata Edukasi Tematik di Semarang-Magelang

Festival yang terselenggara berkat kolaborasi antara Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) dan PT Adira Dinamika Multi Finance, Tbk. (Adira Finance) tersebut memberikan penghargaan melalui 6 kategori, mulai dari kategori fashion, kuliner, fotografi, pertunjukan, kriya, dan video.

"Melalui FKL ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran publik bahwa mereka bisa menjadi pejuang negeri dengan #BanggaBuatanIndonesia dengan cara mengkonsumsi dan membeli produk kreatif lokal. Dengan mengkonsumsi produk kreatif lokal, maka mereka telah membantu UMKM menjadi tulang punggung pertahanan laju perekonomian Indonesia” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Utama Adira Finance Hafid Hadeli menjelaskan penghargaan Kreatif Lokal Award 2020 diberikan kepada para pemenang bertepatan dengan puncak perayaan HUT ke-30 Adira Finance pada Jumat, 13 November 2020.

Baca juga: 30 UKM bertarung di final Adira Kreatif Lokal Award 2020

Lewat Kreatif Lokal Award 2020, sebanyak 18 pelaku wirausaha telah menunjukkan prestasi kinerja mengagumkan dengan memberdayakan masyarakat sekitarnya melalui inovasi dan kreativitas, sehingga meningkatkan taraf hidup dirinya sendiri dan lingkungan sekitar.

"Kami berharap mereka dapat menginspirasi kita semua, serta memberikan semangat untuk bersama-sama bangkit dan bersinergi dalam memajukan perekonomian Indonesia,” kata Hafid Hadeli.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung Direktur Utama Adira Finance, Hafid Hadeli, serta jajaran Direksi Adira Finance lainnya, I Made Dewa Susila, Ho Lioeng Min, Swandajani Gunadi, Niko Kurniawan Bonggowarsito, Harry Latif, dan Jin Yoshida yang mengikuti acara secara virtual.

Turut pula para mitra pendukung acara ini, yaitu Direktur Pemasaran Ekonomi Kreatif Kemenparekraf, Yuana Rochma Astuti, kemudian Presiden Komisaris Adira Finance sekaligus Direktur Utama Bank Danamon, Yasushi Itagaki.

Baca juga: Kabupaten Bogor gelar video kreatif demi bangkitkan perekomian

Beberapa kepala daerah ikut berbangga dan menunjukkan apresiasi mereka dengan memberikan motivasi sekaligus dukungan secara live melalui aplikasi Zoom, agar para pemenang semakin bersemangat untuk memberikan kontribusi positif bagi Indonesia.

Para kepala daerah itu antara lain adalah Gubernur Banten Wahidin Halim, Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum, serta perwakilan Gubernur Kalimantan Timur, Isnan Noor.

Selain itu, ada juga pengusaha ternama Sandiaga Uno yang hadir secara virtual dan memberikan selamat kepada para pelaku UKM dan industri kreatif.
 

Pewarta: Hanni Sofia
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2020