Kemensos luncurkan laman Galeri Disabilitas Kreatif sambut HDI 2020

Kemensos luncurkan laman Galeri Disabilitas Kreatif sambut HDI 2020

Menteri Sosial (Mensos) Juliari P Batubara (ketiga kiri) menyerahkan alat kaki bantu kepada salah seorang penyandang disabilitas di Jakarta, Rabu (18/11/2020). ANTARA/Muhammad Zulfikar/am.

ini galeri virtual dan berisi karya-karya maupun jasa teman-teman disabilitas
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Sosial (Kemensos) RI meluncurkan laman Galeri Disabilitas Kreatif yang berisi berbagai macam karya penyandang disabilitas sekaligus untuk menyambut Hari Disabilitas Internasional (HDI) 2020.

"Ini merupakan sebuah galeri yang ditayangkan secara virtual dan berisi karya-karya maupun jasa teman-teman disabilitas," kata Menteri Sosial (Mensos) Juliari P Batubara pada peluncuran laman Galeri Disabiltas Kreatif di Jakarta, Rabu.

Dengan diluncurkannya laman tersebut, Ari sapaan akrab Mensos, berharap dapat bermanfaat bagi siapapun yang mengaksesnya untuk melihat berbagai karya penyandang disabilitas di Tanah Air.

Baca juga: Mensos borong batik ciprat karya disabilitas intelektual di Temanggung

"Mudah-mudahan digemari dan bermanfaat bagi siapa saja yang mengaksesnya," ujar Mensos ke-30 tersebut.

Ke depan, Mensos juga menekankan pentingnya pelibatan penyandang disabilitas dalam aspek pembangunan manusia yang berkelanjutan sebab tidak cukup hanya sekadar menghormati mereka namun lebih jauh dari itu harus ada pelibatan secara nyata.

Baca juga: Lebih dari 23 ribu penyandang disabilitas berat telah dibantu Kemensos

Pada kegiatan itu, Kemensos juga menyerahkan alat bantu bagi para disabilitas berupa kursi roda, kruk, alat bantu dengar, kaki palsu, tripod, tongkat netra dan alat bantu braille bagi 268 disabilitas yang tersebar di delapan kabupaten dan kota yakni Jakarta, Majalengka, Makassar, Magetan, Kuningan, Sibolga, Toba dan Kabupaten Pesisir Selatan.

Pelaksanaan HDI 2020 mengangkat tema "membangun kembali kehidupan yang lebih baik, lebih inklusif, lebih aksesibel dan berkelanjutan saat pandemi COVID-19".

Baca juga: Kemensos serahkan bantuan kepada anak penyintas disabilitas ganda

Secara umum, Kemensos mengajak agar perayaan HDI 2020 dilaksanakan dengan penuh semangat untuk menghilangkan hambatan serta membuka peluang kondisi ekonomi para penyandang disabilitas.

Peringatan HDI 2020 juga bertujuan agar penyandang disabilitas lebih disiplin lagi dalam menjalankan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran virus corona atau COVID-19 di Tanah Air.

Baca juga: Mensos: Perpres Komisi Nasional Disabilitas masih uji materil di MA

Pewarta: Muhammad Zulfikar
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Bukit Acropolis di Athena sediakan akses bagi penyandang disabilitas dan lansia

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar