Busana dengan kerah Peter Pan jadi tren musim gugur 2020

Busana dengan kerah Peter Pan jadi tren musim gugur 2020

Busana dengan kerah Peter Pan menjadi tren terbaru untuk musim gugur 2020 (ANTARA/Topshop-Ganni-Monki)

Jakarta (ANTARA) - Pakaian dengan kerah besar dan lebar akan menjadi tren busana untuk musim gugur 2020.

Busana yang dinamakan kerah Peter Pan ini terinspirasi dari pakaian yang digunakan oleh Peter Pan setelah dipopulerkan oleh Maude Adams dalam pertunjukan Broadway tahun 1906.

Adams mengenakan topi berbulu dan blus berpola puff yang menonjolkan kerah putih besar. Setelah gaya itu tampil di panggung, beberapa surat kabar ramai memberitakannya dan dalam hitungan minggu, busana dengan gaya kerah besar muncul di rak-rak department store.

"Peter Pan menggunakan kepercayaan penduduk New York pada peri, dan kerah 'Peter Pan' yang cantik ini memberikan sentuhan transformasi pada kostum," tulis salah satu artikel pada saat itu, demikian dilansir Independent, Rabu.

Kerah besar ini kemudian menghilang selama beberapa dekade berikutnya sampai pada tahun 1980-an muncul kembali dengan berbagai mulai dari setelah hingga blus bermotif, bahkan menjadi ikon dari busana yang kerap dikenakan oleh Putri Diana. Blus berkerah lebar ini menghiasi banyak busana dari Lady Di.

Busana dengan kerah Peter Pan menjadi tren terbaru untuk musim gugur 2020 (ANTARA/Instagram)

Kemunculan musim terbaru dari "The Crown" pada akhir pekan lalu, membuat kerah lebar yang identik dengan Putri Diana kembali menjadi perhatian.

Meskipun sudah lebih dari 20 tahun sejak dia meninggal, efek Diana terbukti sekuat sebelumnya, memengaruhi semua orang dari Alexa Chung hingga Harry Styles dan bahkan Kate Middleton untuk mengadopsi versi kerah putih feminin dengan ukuran yang besar.

Kerah Peter Pan ini juga telah diadopsi oleh beberapa rumah mode besar seperti Gucci, Prada dan Miu Miu". Namun, kebangkitan kerah besar tersebut pertama kali dimulai oleh merek fesyen asal Denmark, Ganni yang telah meluncurkan blus poplin kerah besar pada tahun lalu.

Kemeja putih dengan kerah besar ini terjual habis secara online, sementara yang memiliki garis hijau terjual setelahnya. Sejak saat itu, label tersebut telah memperluas koleksinya ke dalam gaun dengan motif kotak-kotak dengan kerah besar.

Di tempat lain, merek kultus seperti La Veste, yang didirikan bersama oleh stylist Spanyol, Blanca Miró, merilis kemeja kerah Peter Pan yang sangat populer dengan motif bunga yang terinspirasi tahun 1970-an, sementara Batsheva menarik perhatian dengan berbagai gaun dengan kerah besar.

Kate Middleton pun mengenakan blus kancing satin ivory dengan bahu ruched dan kerah Peter Pan-nya dalam acara Remembrance. Busana yang berasal dari Ghost London seharga £ 79 ini, sekarang telah terjual habis.

Merek busana seperti Zara, Topshop, Etsy, H&M, Monki hingga Shrimps juga merilis koleksi kerah Peter Pan untuk musim terbarunya.

 

Baca juga: Masker, pakaian olahraga dan sandal tren mode teratas saat pandemi

Baca juga: "Cottagecore" tren fesyen pria Inggris saat "lockdown"

Baca juga: Rok crinoline hingga topi jaga jarak, tren fesyen "new normal"


Penerjemah: Maria Cicilia
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2020

30 Menit Ekstra - Pesta pernikahan yang jadi tren saat pandemi

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar