Saya titip di masa depan kita harus mendesain kota yang selalu memiliki tiga nilai yaitu live, work, and play atau tinggal, bekerja, dan berekreasi di situ.
Bandung (ANTARA) - Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil atau Kang Emil menitipkan tiga nilai dalam pembangunan Kawasan Industri Terintegrasi Subang Smartpolitan yakni pertama live, kedua work, dan ketiga play (tinggal, bekerja, dan berekreasi di satu kawasan terpadu).

"Saya titip di masa depan kita harus mendesain kota yang selalu memiliki tiga nilai yaitu live, work, and play atau tinggal, bekerja, dan berekreasi di situ," kata Kang Emil saat memberikan sambutan secara virtual dalam acara "Groundbreaking Ceremony Subang Smartpolitan", Rabu.

Kang Emil menuturkan "Groundbreaking Ceremony Subang Smartpolitan" adalah sebuah peristiwa yang bersejarah karena sejumlah pihak sedang menyiapkan dengan paripurna akan hadirnya kota baru yakni Subang Smartpolitang yang akan menjadi benchmarking dalam segala aspek pembangunan.

Baca juga: Gubernur Jabar: Pariwisata Jabar mulai membaik di tengah pandemi

Menurut dia konsep terintegrasi yang menyatukan tiga nilai yakni live, work and play dalam sebuah pembangunan kota baru adalah sebuah keharusan.

"Itu sudah terbukti jika kita hanya mendesain tempat bekerja saja tapi tempat tinggalnya jauh akan terjadi commuting cost. Atau sebaliknya kita hanya tempat bermukim saja tapi tempat kerjanya di Jakarta. Oleh karena itu masukan dari kami konsep terintegrasi live, work and play itu menjadi keharusan," kata dia.

Orang nomor satu di Provinsi Jabar ini juga menyampaikan selamat karena "Groundbraking Ceremony Subang Smartpolitan" bertepatan dengan dirilisnya Rebana Metropolitan yaitu kawasan dengan 13 kota baru.

"Dan kota pertama yang paling siap dari 13 kota baru iti adalah Subang Smartpolitan," kata dia.

Baca juga: Alasan Ridwan Kamil ajak investor kembangkan wisata Ciater di Subang

Dia menuturkan Pemprov Jabar akan terus mendorong kesuksesan pembangunan Subang Smartpolitan termasuk membantu dalam hal pemasarannya, menghubungan relasi dengan investor dan regulasi.

"Kami ingin ini menjadi contoh sukses karena kami harap Rebana Metropolitan membawa hampir lima juta lapangan pekerjaan baru yang juga memberikan bonus empat sampai lima persen pertumbuhan ekonomi kepada Jabar," kata dia.

Selain itu, Kang Emil juga akan sedikit menyumbangkan desain landmark Subang Smartpolitan yang diharapkan bisa dibangun terlebih dahulu supaya orang dari luar bisa datang berekreasi dan menjadi top of the nation yang membuat orang penasaran sehingga berminat untuk bertempat tinggal di situ.

Ia berharap Subang Smartpolitan akan menjadi awal dan terus menjadi pelopor kesuksesan di masa depan dalam hal pembangunan kota baru di Jabar.

"Mudah-mudahan dalam kurun 10 sampai 20 tahun lagi akan memanen yang kita 'groundbreakingkan' hari ini," kata dia.

Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2020