Park Ha-sun bicara "Birthcare Center" hingga pengalaman jadi ibu

Oleh Nanien Yuniar

Park Ha-sun bicara "Birthcare Center" hingga pengalaman jadi ibu

Park Ha-sun di "Birthcare Center" (HO/iQIYI)

Jakarta (ANTARA) - Aktris Korea Selatan Park Ha-sun menjadi sosok sempurna di drama "Birthcare Center". Karakter Jo Eun Jung yang dia mainkan membuat semua orang ingin berteman dengannya untuk mempelajari rahasia cara mengasuh anak.

Park Ha-sun beradu akting dengan Uhm Ji-won, wanita karier sukses yang merasa hilang arah setelah melahirkan dan memutuskan untuk mengunjungi pusat perawatan pasca persalinan.

Park Ha-sun mengungkapkan cerita di balik proyek terbarunya, aktivitas selama pandemi, dan pengalaman sebagai ibu yang dia tuangkan ke dalam karakter di drama ini.

Berikut petikan wawancara bersama Park Ha-sun dikutip dari siaran resmi iQIYI, Rabu.

Baca juga: Mulai tayang, ini sinopsis serial drama "18 Again"

Baca juga: Pemeran drama Korea "Missing: The Other Side" bicara soal arwah


Apa yang membuat Anda tertarik untuk membintangi serial ini? Bisakah Anda ceritakan tentang karakter yang Anda mainkan?

Park Ha-sun: Jo Eun-jeong yang saya perankan adalah seorang "ratu lebah" di Pusat Perawatan Pasca Melahirkan ini. Di permukaan, dia terlihat anggun, sombong, sempurna, tetapi dia juga memiliki sisi yang lucu, dan juga menyembunyikan banyak rahasia. Dia adalah karakter yang sangat kompleks. Oleh karena itu, semakin banyak perhatian yang diberikan penonton padanya, semakin Anda akan merasa kasihan padanya. Saya pikir setiap orang pasti memiliki kisahnya sendiri, suka dan duka, dan menjalani kehidupan yang sulit. Naskah dan karakter ini sangat cocok dengan saya. Ketika saya menerima naskahnya, saya pikir saya akan sangat menyesal jika melewatkan kesempatan ini. Ini adalah naskah yang sangat bagus dan menarik.

Drama ini mengangkat topik yang berbeda. Menurut Anda, seberapa penting Pusat perawatan Pasca Melahirkan bagi seorang ibu? Karena tidak banyak negara yang menyediakan tempat khusus seperti yang ditampilkan di serial ini.

Park Ha-sun: Pusat Perawatan Pasca Melahirkan yang ada di serial ini sangat mirip dengan yang ada di kehidupan kita sehari-hari. Tempat ini bukan hanya tempat untuk beristirahat, tetapi sang ibu akan dipanggil setiap jam untuk menyusui bayinya dan lain-lain. Saya pikir bagaimana kalau tidak ada yang mengingatkan kita akan hal tersebut. Terlebih lagi, bagi para ibu yang baru pertama kali melahirkan, Pusat Perawatan Pasca Melahirkan ini sangatlah penting.
 
"Birthcare Center" (HO/iQIYI)


Pusat Perawatan Pasca Melahirkan adalah fasilitas yang dimaksudkan untuk memulihkan kondisi fisik dan mental para ibu. Menurut Anda, seberapa penting fasilitas ini bagi wanita, terutama wanita yang baru pertama kali menjadi ibu?

Park Ha-sun: Saya terkadang masih sering merasa nyeri di pergelangan tangan dan panggul akibat postpartum. Oleh karena itu, menurut saya bagi wanita yang baru pertama kali melahirkan, perawatan setelah melahirkan sangatlah penting. Saya membutuhkan waktu sembilan bulan hanya untuk pulih. Pada tahap awal, para ibu harus banyak istirahat dan mendapatkan perawatan.

Riset apa yang Anda lakukan untuk memerankan karakter ini? Dan apa yang Anda ingin sampaikan melalui serial ini?

Park Ha-sun: Saya sudah pernah melahirkan, jadi hal tersebut sangat membantu saya dalam menginterpretasikan karakter ini. Selain itu, saya juga berusaha keras untuk menyesuaikan penampilan saya dengan karakter ini. Saya sering mengenakan gaun rumah sakit dalam drama ini, tetapi Jo Eun-jeong merupakan seseorang yang perfeksionis dan memiliki pengaruh yang besar pada orang-orang di sekitarnya. Jadi, saya merasa perlu untuk membuat dia berbeda dari orang lain. Saya menghabiskan banyak uang untuk syal, gelang, kaus kaki tidur, pakaian dalam, dan aksesoris rambut. Melalui karakter ini, saya ingin memberitahu kepada semua ibu, bahwa Anda adalah ibu yang terbaik. Selain sebagai seorang ibu, kita masing-masing adalah orang yang sangat berharga.

Cerita ini fokus pada perempuan, sutradaranya juga perempuan, adakah yang istimewa khususnya dari sudut pandang perempuan?

Park ha-sun: Sutradara pernah berkata dia ingin membuat sebuah drama yang lucu untuk pria dan wanita, tua dan muda, serta menceritakan kisah kami, terlepas dari apakah kami telah melahirkan atau belum. Jika kita menceritakan cerita dari sudut pandang seperti itu, saya yakin penonton dapat merasakan kedekatan dan senang saat menontonnya.
 
"Birthcare Center" (HO/iQIYI)


Baca juga: Wawancara dengan Uhm Ji-won tentang "Birthcare Center" hingga pandemi

Baca juga: Gwak Moon-wan senang beri sudut pandang baru tentang Korea Utara


Bisakah Anda ceritakan tentang dampak pandemi pada kehidupan Anda, apakah ada aktivitas atau hobi baru yang ada miliki karena memiliki waktu lebih banyak di rumah?

Park Ha-sun: Saya paling sibuk di rumah, karena saya harus menghabiskan waktu bersama dengan anak-anak saya (tertawa).

Apa kesan pertama Anda dengan satu sama lain? Adakah cerita lucu pada saat proses syuting serial ini, mengingat serial ini memiliki genre komedi?

Park Ha-sun: Saat Uhm Ji-won memakai coxcomb, saya hampir tidak bisa menahan tawa. Selain itu, banyak sekali adegan lucu.

Dalam serial ini, Uhm Ji-won berperan sebagai Hyun-jin, seorang ibu muda, sedangkan Park Ha-sun adalah seorang ibu yang berpengalaman dalam hal ini, bagaimana Anda bisa mendalami karakter ini?

Park Ha-sun: Ketika saya menjaga anak saya, saya berusaha lebih keras dari orang lain. Jadi, mudah bagi saya untuk menginterpretasikan karakter ini. Saya telah membaca selusin buku tentang parenting. Saya dapat mengatakan bahwa saya sudah paham tentang aspek ini. Saya telah menyusui bayi saya selama 15 bulan. Dengan pengalaman ini, saya bisa memahami Eun-Jeong.

Baik Uhm Ji-won maupun Park Ha-sun sama-sama sudah berpengalaman berakting di berbagai genre, apa alasan kalian memilih genre tertentu misalnya komedi atau thriller?

Park Ha-sun: Saya hanya ingin semua hal yang saya lakukan itu menyenangkan. Saya rasa penonton akan merasa tertarik akan sebuah serial atau film ketika saya menganggapnya menarik selama proses syuting. Selain itu, karakter yang menarik juga sangat penting. Saya sangat beruntung bisa bermain di banyak karya yang menarik sejak film Midnight Runners. Pada saat yang sama, pandangan saya tentang pemilihan karya semakin luas. Jika orang-orang yang terlibat dalam produksi menyukai karya yang telah mereka hasilkan, maka promosi dapat dilakukan secara alami dan mereka akan mendapatkan hasil yang baik pula.

Apa pesan Anda untuk para wanita yang berjuang menjadi ibu baru, terutama saat pandemi COVID-19?

Park Ha-sun: Saya sering berpikir jika seorang ibu bahagia, anaknya pun akan bahagia. Jadi, jangan lupa untuk menjaga diri sendiri saat mengasuh anak. Karena Anda seorang wanita, seorang makhluk yang mulia, dan ibu yang baik.

Tema yang dihadirkan dalam serial "Birthcare Center" bisa dibilang unik dan sarat akan nilai, menurut Anda, hal unik apa yang bisa menarik penonton, tidak hanya di Korea tapi juga di dunia untuk menonton serial ini?

Park Ha-sun: Hal ini mungkin tampak istimewa, tetapi ini adalah kisah yang sangat dekat dengan kita semua, ini adalah kisah kita semua. Tidak masalah jika Anda tidak terbiasa. Kami akan menghibur Anda dan membuat Anda bahagia. Itulah pesona drama kami.

Baca juga: Enam judul drama Korea penuh inspirasi untuk gapai mimpi

Baca juga: Sinopsis empat drama Korea terbaru bulan November

Baca juga: Empat rekomendasi drama Korea versi Rossa

Oleh Nanien Yuniar
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Korsel apresiasi Indonesia sebarkan budaya pop Korea - Wawancara khusus

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar