Inilah yang menjadi bagian dari tujuan BUMN Go Global sehingga beberapa BUMN berkantor di suatu tempat...kemudian kalau terdapat persoalan-persoalan maka mereka bisa menyatu. Itu akan lebih efisien
Jakarta (ANTARA) - Kementerian BUMN mengungkapkan empat tujuan pentingnya BUMN menembus pasar global atau Go Global.

"Apa tujuan dari BUMN Go Global? Salah satunya memperkenalkan produk BUMN agar diserap oleh pasar global," ujar Sekretaris Kementerian BUMN Susyanto dalam diskusi daring di Jakarta, Rabu.

Menurut dia, tentunya upaya Go Global ini akan meningkatkan pendapatan dan membanggakan bagi Indonesia.

Baca juga: Erick: BUMN perlu tingkatkan bisnis secara global

Lalu tujuan kedua seperti disampaikan oleh Menteri BUMN bapak Erick Thohir yakni incorporated, kata dia, menyatukan kekuatan BUMN di luar negeri dan agar menciptakan efisiensi operasional.

Jadi yang digambarkan masalah ini adalah bahwa sejumlah BUMN Indonesia terdapat di berbagai negara. Kenapa ini tidak disatukan saja? katanya. Selama ini secara eksistensi BUMN-BUMN tersebut berkantor dan berusaha sendiri.

Harapannya dengan adanya nota kesepahaman (MoU) Diplomasi Ekonomi antara Kementerian BUMN dan Kementerian Luar Negeri terdapat sebuah gedung atau kantor bersama bertuliskan Indonesia Incorporated dengan bendera Merah Putih berkibar di kantor tersebut.

Baca juga: Kemenlu dan Kementerian BUMN akan bentuk tim dukung "BUMN Go Global"

Baca juga: Erick Thohir dan Menlu teken MoU diplomasi ekonomi BUMN Go Global


"Inilah yang menjadi bagian dari tujuan BUMN Go Global sehingga beberapa BUMN berkantor di suatu tempat, tentunya hal ini menjadi efisien karena bisa sharing tempat dan kemudian kalau terdapat persoalan-persoalan maka mereka bisa menyatu. Itu akan lebih efisien," kata Susyanto.

Tujuan ketiga adalah rantai pasok atau supply chain. Perlunya, kata dia, memperbaiki rantai pasok dengan melakukan investasi atau akuisisi perusahaan di luar negeri.

"Kita jangan hanya menjadi perusahaan atau BUMN yang mengakuisisi perusahaan atau BUMN dalam negeri, namun kita pun menginginkan agar bisa mengakuisisi perusahaan di luar negeri," ujar Sekretaris Kementerian BUMN itu.

Tujuan selanjutnya, kata dia, adalah memanfaatkan momentum pandemi. Ia menilai saat ini merupakan waktu yang tepat untuk mengembangkan BUMN di pasar global.

Baca juga: Kementerian BUMN ungkap kunci sukses BUMN karya tembus pasar global

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2020