Wali kota pastikan tes usap massal digelar di Kelurahan Petamburan

Wali kota pastikan tes usap massal digelar di Kelurahan Petamburan

Suasana kantor Kelurahan Petamburan, Rabu (18/11/2020). ANTARA/Livia Kristianti/am.

Jakarta (ANTARA) - Wali Kota Jakarta Pusat Bayu Meghantara memastikan petugas kesehatan dari Satgas COVID-19 menggelar tes usap massal dalam rangka penelusuran kasus (tracing) bagi pegawai Kelurahan Petamburan.

Hal itu sebagai tindak lanjut dari hasil testes reaktif terhadap Lurah Petamburan Setiyanto di Polda Metro Jaya.

"Iya mereka (pegawai di Kelurahan Petamburan) akan ikut swab test massal dalam waktu dekat sambil menunggu hasil swab test lurah keluar," kata Bayu di Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Rabu.

Bayu hingga saat ini menunggu hasil positif atau tidaknya Lurah Petamburan dari pemeriksaan yang dilakukan oleh Rumah Sakit Polri Kramat Jati.

Sementara itu, Kepala Suku Dinas Kesehatan Jakarta Pusat Erizon Safari mengatakan penelusuran kasus di Kelurahan Petamburan dipastikan dilakukan oleh Puskesmas Tanah Abang sebagai Fasilitas Pelayanan Kesehatan (Fasyankes) yang bertanggung jawab di wilayah Petamburan.

"Kita tidak akan sembarang memeriksa, tidak semua pihak yang datang ke Petamburan kita periksa. Kita masih ikuti arahan dan berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan DKI. Sesuai dengan Dinkes akan ada 30 kontak erat yang diperiksa. Kita juga ikuti arahan Wagub terkait kasus ini," ujar Erizon saat dihubungi.

Erizon mengatakan saat ini pihaknya selain menunggu data terkait kontak erat, juga tengah mempersiapkan alat- alat yang digunakan dalam pengetesan COVID-19.

Baca juga: Kelurahan Petamburan mendata petugas yang kontak dengan lurah
Baca juga: Lurah Petamburan jalani isolasi mandiri


Diperkirakan tes usap massal yang dilakukan dalam rangka penelusuran kasus COVID-19 di Kelurahan Petamburan itu akan dilangsungkan dalam 1 hingga 2 hari ke depan.

"Ini kita persiapkan juga alat-alatnya sekarang. Kan tidak mungkin tanpa persiapan. Kan percuma juga kami kumpulkan orang tapi alatnya tidak ada untuk tes. Intinya saat ini kita sedang dalam masa persiapan untuk tracing dan tracing-nya tentu akan diperluas," kata Erizon.

Seperti diketahui, pada Selasa (17/11) Polda Metro Jaya mengungkapkan Lurah Petamburan Setiyanto reaktif COVID-19 usai dilakukan tes usap antigen sebelum melakukan klarifikasi terkait acara pernikahan putri dari Rizieq Shihab yang melanggar protokol kesehatan.

"Kita lakukan uji swab (usap) antigen, satu orang. Lurah Petamburan positif atau reaktif," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus di Mako Polda Metro Jaya, Selasa.

Atas temuan tersebut pihak kepolisian kemudian merujuk Setiyanto ke RS Polri Kramat Jati untuk pemeriksaan lanjutan.

Setiyanto saat ini menjalani isolasi mandiri di rumahnya sembari menunggu hasil pengetesan COVID-19 miliknya selesai.

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar