Jakarta (ANTARA) -
Pusat Teritorial TNI Angkatan Darat (Pusterad) berkolaborasi dengan media massa dalam mewujudkan ketahanan nasional.
 
Komandan Pusterad Letjen TNI Wisnoe Prasetija Boedi mengatakan hal itu saat membuka Sarasehan Pusterad dengan Media Massa di Bekasi, Jawa Barat, Rabu.
 
Menurut dia, dengan berkolaborasi dengan media massa diharapkan dapat memperoleh masukkan dan saran dalam menyusun strategi penyelenggaraan pembinaan teritorial (Binter) di era modern yang didukung media massa, sehingga terwujud kemanunggalan TNII-rakyat dalam rangka mendukung pembangunan nasional.
 
Jenderal bintang tiga ini menegaskan, seluruh komponen bangsa berkewajiban untuk mengantisipasi berbagai ancaman yang terjadi terhadap kondisi bangsa saat ini.
 
"TNI AD melalui unsur satuan komando kewilayahan (Satkowil) dengan didukung media massa memiliki peran yang vital dalam melaksanakan pembinaan ketahanan masyarakat melalui penyelenggaraan Binter," tutur Wisnoe dalam siaran persnya.
 
Media massa sebagai wahana penyampaian informasi dan edukasi bagi masyarakat, merupakan motor penggerak yang sangat dahsyat bagi negara dalam membangun jati diri dan karakter bangsa.
 
"Sinergitas TNI AD dengan media massa sangat penting dalam membangun negeri, untuk bersama-sama TNI dalam ikut menjaga kedaulatan dan keutuhan NKRI," kata Danpusterad.
 
Dalam kesempatan itu, Wisnoe menambahkan, kecepatan informasi yang didukung perkembangan teknologi merupakan kebutuhan keseharian dalam kehidupan sosial masyarakat yang dapat dikonsumsi dalam bentuk berita baik melalui media cetak, elektronik maupun online.
 
Melalui pemberitaan yang tepat dan akurat, kata dia, dapat dijadikan sebagai sarana dalam pengambilan kebijakan, meningkatkan pengetahuan masyarakat dan bahkan membangun karakter bangsa.
 
"Di era revolusi industri 4.0 kecepatan informasi menjadi kebutuhan yang sangat penting bagi masyarakat. Peran media massa yang memanfaatkan perkembangan teknologi informasi dapat dijadikan sarana dalam menyampaikan program dan kebijakan serta visi dan misi pembangunan guna mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia," ujarnya.
 
Oleh karena itu, Binter TNI AD yang senantiasa mendukung program pembangunan fisik maupun non fisik perlu disinergikan dengan pemberitaan media massa di seluruh tanah air, sehingga timbul komitmen bersama dalam membangun bangsa Indonesia.

Baca juga: Aparat teritorial ujung tombak pencegahan radikalisme

Baca juga: Lima anggota Kodim 0305/Pasaman Barat ke Papua misi operasi teritorial

Baca juga: Panglima Kodam XIII/Merdeka buka Operasi Teritorial TNI di Talaud

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2020