....karena saya percaya bahwa Tuhan tidak menakdirkan saya untuk memiliki anak sehingga semua anak dapat menjadi milik saya
Jakarta (ANTARA) - Penyanyi country Dolly Parton menyumbang 1 juta dolar Amerika Serikat (AS) untuk mendukung dana riset penemuan vaksin COVID-19 kepada perusahaan biofarmasi AS, Moderna.

Pada April, Parton menyumbang 800.000 pound sterling setelah sahabatnya yakni Dr Naji Abumrad dari Institut Infeksi, Imunologi dan Inflamasi Vanderbilt di Universitas Vanderbilt, Tennessee, AS memberitahunya bahwa mereka tengah membuat sebuah kemajuan menggembirakan dalam pencarian obat virus.

Abumrad dan Parton sudah berteman sejak 2014 setelah sang penyanyi mengalami kecelakaan mobil dan dirawat di Vanderbilt.

Parton mengatakan kepada The One Show BBC: "Saya yakin jutaan dolar dari banyak orang masuk ke [dana penelitian] itu, tetapi saya merasa sangat bangga menjadi bagian dari sedikit uang awal yang mudah-mudahan akan tumbuh menjadi sesuatu yang hebat dan membantu menyembuhkan dunia ini--Tuhan tahu kami membutuhkannya!"

Baca juga: Dolly Parton menderita luka ringan akibat kecelakaan

Donasi ikon musik country berusia 74 tahun itu juga mendukung studi plasma pemulihan di Vanderbilt--mengobati orang yang terinfeksi dengan plasma orang lain yang membawa antibodi melawan virus--serta pengembangan beberapa makalah penelitian yang berkaitan dengan virus.

Moderna mengatakan pihaknya berpotensi menghasilkan 1 miliar dosis vaksin pada akhir 2021 dan mengajukan permohonan Otorisasi Penggunaan Darurat (EUA) dengan Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA).

Moderna sudah mulai mengirimkan data ke Badan Pengatur Produk Kesehatan dan Obat-obatan Inggris (MHRA): Inggris telah mendapatkan dosis awal 5 juta vaksin baru. Terobosan Moderna mengikuti vaksin Pfizer/BioNTech yang menunjukkan efektivitas 90 persen.

Baca juga: Kisah dua selebritas melawan COVID-19, dan berhasil sembuh

Dana penelitian Dolly Parton COVID-19 adalah contoh terbaru dari kemurahan hati Parton yang terkenal.

Perpustakaan Imajinasi-nya menghadiahkan buku-buku gratis kepada anak-anak sejak lahir hingga mulai bersekolah di daerah yang berpartisipasi. Dia baru-baru ini memberi tahu Oprah Winfrey bahwa dia tidak pernah memiliki anak "karena saya percaya bahwa Tuhan tidak menakdirkan saya untuk memiliki anak sehingga semua anak dapat menjadi milik saya, jadi saya dapat melakukan hal-hal seperti Perpustakaan Imajinasi."

Pada bulan Oktober ia merilis album solo ke-47, "A Holly Dolly Christmas"--koleksi perayaan ketiganya. Musikal musimannya, "Dolly Parton’s Christmas on the Square", yang dibintangi Parton bersama Christine Baranski dan Jenifer Lewis, tayang perdana di Netflix pada 22 November, demikian Guardian dikutip Rabu.

Baca juga: Daftar selebritas paling dicari selama masa karantina COVID-19

Baca juga: Musisi jazz Ellis Marsalis meninggal dunia karena corona

Penerjemah: Ida Nurcahyani
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2020