Kami sudah berkomunikasi dengan Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR, ada rencana bangun jalur khusus sepeda di beberapa kota besar
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyatakan telah berkomunikasi dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk membangun jalur khusus sepeda di sejumlah kota besar.

"Kami sudah berkomunikasi dengan Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR, ada rencana bangun jalur khusus sepeda di beberapa kota besar. Mudah-mudahan bisa terealisasi apa yang pernah disebut ada jalan tol sepeda di China, kita harap di kita mulai terbangun juga," kata Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi dalam webinar, Rabu.

Budi mengakui pandemi COVID-19 telah mendorong perubahan masyarakat dalam bertransportasi di kota besar. Perubahan itu juga telah mendorong penggunaan sepeda di banyak kalangan masyarakat sebagai transportasi yang menyehatkan dan ramah lingkungan.

Baca juga: Kemenhub akan bicarakan soal penyediaan jalur sepeda dengan PUPR

"Kami juga mendorong nantinya akan semakin banyak pengguna sepeda untuk kepentingan sehari-hari bahkan ke sekolah, pasar atau mall. Maka kita juga sedang menyiapkan beberapa ratus tempat parkir sepeda yang nanti akan kita bagikan ke tempat-tempat umum di Jakarta seperti arahan Pak Menteri seperti stasiun, terminal, masjid atau gereja," katanya.

Pemerintah, lanjut Budi mendorong perusahaan-perusahaan transportasi untuk bisa menyiapkan tempat bagi sepeda, skuter listrik, atau kendaraan personal mobile device untuk bisa digunakan masyarakat bermobilisasi.

Ia pun mengapresiasi semakin banyaknya kota-kota dan kabupaten yang mulai menyiapkan jalur sepeda sehingga mimpi untuk menjadikan sepeda sebagai angkutan perkotaan bisa terwujud.

Baca juga: Kemenhub akan bantu pemda bangun jalur sepeda

"Tinggal kebijakan dan komitmen pemerintah pusat. Namun juga harus diimbangi dengan pemerintah kabupaten/kota yang harus menyiapkan tempat parkir sepeda juga kebijakan penggunaan sepeda tidak hanya untuk kegiatan Sabtu-Minggu saja tapi juga kegiatan sekolah atau kantor," katanya.

Sebelumnya Ketua Komunitas Bike To Work Indonesia Poetoet Sudarjanto menilai infrastruktur jalur sepeda menjadi komponen penting guna menjamin keselamatan pesepeda.

"Jalur pesepeda yang terproteksi harus menjadi prioritas utama. Meski pesepeda itu sudah sangat disiplin tetapi bila jalurnya masih bercampur, risiko akan tetap ada," ujarnya.

Baca juga: Ketua MPR dorong pemda sediakan jalur khusus pesepeda

Untuk mewujudkan jalur sepeda yang terproteksi, lanjut dia, diperlukan sinergi kuat antara pemerintah pusat dan daerah dan berbagai lembaga yang berwenang.

Dengan begitu, menurut dia, sepeda dapat menjadi alat mobilitas bagi masyarakat, tidak hanya sebagai alat olahraga.

Baca juga: Jalur sepeda Jakarta ditambah seiring peningkatan penggunanya

Pewarta: Ade irma Junida
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2020