CKB Grup latih guru untuk anak berkebutuhan khusus

CKB Grup latih guru untuk anak berkebutuhan khusus

Suasana pelatihan bagi guru anak berkebutuhan khusus yang diselenggarakan secara virtual (ANTARA/HO CKB)

fokus kepada pelatihan dan peningkatan pemahaman
Jakarta (ANTARA) - PT Cipta Krida Bahari (CKB Group) bersama PT ABM Investama Tbk (ABM) selaku induk usaha, menyelenggarakan pelatihan bagi guru dan relawan rumah autis di Jakarta dan daerah sekitarnya.

Pelatihan yang melibatkan Cipta Aliansi Edukasi (CAE) dan Yayasan Cahaya keluarga Fitrah (CAGAR) sebagai pengelola rumah autis ditujukan agar para guru dapat membuat program pendidikan secara efektif dan terukur selama pandemi.

"Kegiatan ini fokus kepada pelatihan dan peningkatan pemahaman lebih mendalam para guru dan relawan rumah autis terhadap beragam aspek perkembangan anak berkebutuhan khusus," kata Direktur Utama PT Cipta Krida Bahari (CKB Group), Iman Sjafei dalam keterangan tertulis, di Jakarta, Rabu.

Sebanyak 45 guru dan relawan yang berasal dari Tanjung Priok, Bekasi, Bogor, Depok, Karawang, Gunung Putri, dan Tangerang terlibat dalam kegiatan yang bertujuan memberikan pemahaman yang lebih baik mengenai autism spectrum disorder (ASD), potensi permasalahan yang timbul beserta cara mengelolanya sehingga mampu penyusun program belajar individu secara terukur dan efektif.

Kedua hal tersebut sangat dibutuhkan karena di masa pandemi COVID-19 membuat pendidikan terpaksa dilakukan secara virtual, termasuk untuk anak-anak berkebutuhan khusus. Tentu kondisi ini memerlukan metode khusus agar pendidikan berjalan efektif dan terukur.

Baca juga: Kemendikbud: Pembelajaran siswa berkebutuhan khusus berbeda

"Guru sebagai tenaga pendidik adalah ujung tombak dan memikul tanggung jawab utama dalam membentuk karakter anak didik berkebutuhan khusus. Mereka adalah anak spesial yang memerlukan penanganan dan bimbingan spesial dari para guru sehingga diperlukan bekal pemahaman yang lebih mendalam sehingga kelak dapat mendukung perkembangan anak-anak ini dengan potensi maksimal," katanya.

Pelatihan secara virtual yang digelar serentak di tujuh lokasi Rumah Autis ini merupakan salah satu bentuk kepedulian perusahaan terhadap dunia pendidikan khususnya pendidikan anak berkebutuhan khusus.

Pada masa pandemi ini guru, relawan dan anak-anak berkebutuhan khusus dihadapkan dengan beragam tantangan dalam proses belajar dan mengajar.

Selain kegiatan pelatihan secara daring, CKB Group juga memberikan bantuan operasional berupa peralatan yang dapat digunakan untuk mendukung kegiatan belajar-mengajar secara daring.

Ke depan, CKB Group akan terus fokus pada kegiatan tanggung jawab sosial perusahaan (Corporate Social Responsibility/CSR) yang memaksimalkan pengembangan sumber daya manusia yang berkompeten sehingga dapat memberikan kemajuan dan kemandirian bagi komunitas melalui edukasi dan pelatihan vokasi yang berkelanjutan.

Baca juga: Kenali tujuh tanda anak derita autisme

“Kami optimis dengan kerja sama semua pihak, kegiatan pendidikan, khususnya bagi anak-anak berkebutuhan khusus dapat tetap terlaksana dengan baik,” tutup Iman.
 

Pewarta: Ganet Dirgantara
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2020

​​​​​​​Pemberian obat cacing bersama bagi siswa berkebutuhan khusus di Hari Anak Nasional

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar