Satgas COVID-19 Kapuas Hulu dirikan posko di pasar Putussibau

Satgas COVID-19 Kapuas Hulu dirikan posko di pasar Putussibau

Satgas COVID-19 di Kapuas Hulu mendirikan Posko Pengawasan dan Penindakan COVID-19 di Pasar Putussibau wilayah Kapuas Hulu Kalimantan Barat. (ANTARA/HO-istimewa)

Putussibau, Kapuas Hulu (ANTARA) -
Satuan tugas (Satgas) COVID-19 Kapuas Hulu Kalimantan Barat gencar menegakkan aturan terkait penerapan protokol kesehatan (prokes), seperti razia masker hingga mendirikan Posko pengawasan dan penindakan COVID-19 di Pasar Putussibau.
 
"Kami rutin melakukan razia masker dan sudah ada Posko pengawasan dan penindakan COVID-19 yang akan dilaksanakan hingga Desember mendatang," kata Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kapuas Hulu Rupinus, dihubungi ANTARA, di Putussibau Ibu Kota Kabupaten Kapuas Hulu, Rabu.
 
Disampaikan Rupinus, pendirian Posko COVID-19 tersebut bertujuan agar masyarakat patuh dengan protokol kesehatan apalagi aktivitas masyarakat di pasar.
 
Menurut dia, bagi yang melanggar protokol kesehatan diberikan sanksi mulai dari sanksi peringatan dan tertulis hingga sanksi edukatif, serta ada tes cepat (rapid test) secara sampel.
 
Hal tersebut, kata Rupinus sebagai upaya penegakan disiplin sesuai Peraturan Bupati Kapuas Hulu Nomor 57 Tahun 2020.
 
"Razia biasa kami lakukan di jalanan dan di tempat-tempat strategis dengan melibatkan Pol PP, Polres Kapuas Hulu, Kodim 1206 Putussibau dan Dinas kesehatan," jelas Rupinus.
 
Sementara itu, Wakil Ketua Satgas COVID-19 Kapuas Hulu Mohd Zaini mengatakan Pemkab Kapuas Hulu sudah menindaklanjuti Keputusan Menteri Kesehatan nomor HK.01.07/MENKES/328/2020 Tentang panduan dan pengendalian COVID-19 di tempat kerja perkantoran dan industri dalam mendukung keberlangsungan usaha dalam situasi pandemi.
 
Dikatakan Zaini, di Kapuas Hulu sudah dikeluarkan Peraturan Bupati Kapuas Hulu Nomor 57 Tahun 2020, tentang penegakkan disiplin protokol kesehatan.
 
"Protokol kesehatan sudah diterapkan di perkantoran dan kami sudah keluarkan juga surat edaran," ucap Zaini.
 
Menurut dia, selain upaya penegakkan protokol kesehatan, sosialisasi pun terus dilakukan hingga ke tingkat desa.
 
"Kami selalu mengingatkan masyarakat dan lingkungan perkantoran untuk disiplin dalam Prokes untuk mempercepat pemutusan mata rantai sebaran COVID-19," kata Zaini.
 
Zaini yang juga menjabat sebagai Sekretaris Daerah Kapuas Hulu itu pun mengajak seluruh jajaran agar menjadi contoh penerapan protokol kesehatan kepada masyarakat, seperti penggunaan masker, rajin cuci tangan, serta menghindari kerumunan atau menjaga jarak.
#satgascovid-19
#ingatpesanibupakaimasker

Baca juga: Dokter: Patuhi protokol kesehatan, lawan COVID-19, dan jangan panik
Baca juga: Santri di Kapuas Hulu-Kalbar diajak berjihad perangi COVID-19
Baca juga: Di kawasan perbatasan RI-Malaysia, BLT Dana Desa sudah diserahkan

Pewarta: Teofilusianto Timotius
Editor: Taufik Ridwan
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar