Tersangkut kasus doping, pemenang Sofia Marathon diskors

Tersangkut kasus doping, pemenang Sofia Marathon diskors

Ilustrasi berita - Sejumlah pelari marathon berlaga pada nomor Marathon Putra Kejuaraan Dunia Atletik 2019 di Doha, Qatar, 6 Oktober 2019. ANTARA FOTO/REUTERS/Lucy Nicholson/wsj.

Jakarta (ANTARA) - Dua pemenang ajang lari Sofia Marathon tahun ini, yakni Viktoriia Khapilina dan Youssef Sbaai, ditangguhkan dari semua balapan untuk sementara waktu oleh badan integritas atletik (AIU) akibat penyalahgunaan doping.

Khapilina yang berkewarganegaraan Ukraina dan Sbaai yang berasal dari Maroko itu dinyatakan positif menggunakan zat terlarang saat menjalani uji kompetisi.

“Untuk sementara waktu, AIU menangguhkan Viktoriia Khapilina dan Youssef Sbaai karena terbukti menggunakan zat rekombinan EPO yang merupakan bentuk pelanggaran aturan badan anti-doping atletik dunia,” kata AIU dalam sebuah pernyataan seperti dikutip Reuters, Rabu.

Sementara itu, dalam lomba maraton yang digelar di Sofia, Bulgaria tahun ini, Sbaai mencatatkan waktu 2 jam 13 menit 3 detik, sedangkan Khapilina finis dalam waktu 2 jam 27 menit 57 detik.

Baca juga: Mantan juara Maraton London dilarang empat tahun
Baca juga: Dua rekor dunia lari pecah di ajang Valencia World Record Day


Pewarta: Rr. Cornea Khairany
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Lomba lari dan bersepeda virtual dorong masyarakat giat berolahraga 

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar