Kemarin, Luhut temui Trump hingga Presiden minta belanja dimaksimalkan

Kemarin, Luhut temui Trump hingga Presiden minta belanja dimaksimalkan

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan bertemu dengan Presiden AS Donald Trump di White House, Washington DC, AS, Selasa (17/11/2020). ANTARA/HO White House AS.

Jakarta (ANTARA) - Sejumlah informasi penting menghiasi berita ekonomi pada Rabu (18/11) kemarin, mulai dari Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menemui Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump hingga Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan seluruh jajarannya untuk memaksimalkan realisasi belanja pemerintah di sisa tahun.

Berikut rangkuman berita selengkapnya yang masih menarik untuk dibaca:

1. Bertemu Trump, Luhut berharap kerja sama RI-AS tetap ditingkatkan

Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan diterima oleh Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump di White House, Washington DC, AS pada Selasa (17/11), di mana ia menyampaikan harapan agar kerja sama yang baik dengan AS bisa terus ditingkatkan di masa pemerintahan yang akan datang.

"Saya atas nama Presiden Joko Widodo menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada Presiden Donald Trump. Apapun hasil resmi pemilu AS, pertemanan tetap perlu dijaga. Kita akan selalu menjadi kawan. Saya juga berharap komunikasi yang baik seperti ini dengan Gedung Putih dapat juga terjalin setelah Januari 2021 nanti," kata Luhut Pandjaitan dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu.

Baca selengkapnya di sini


2. Sri Mulyani: Serapan anggaran PEN terus membaik capai Rp386,01 triliun

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyebutkan realisasi anggaran Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) telah mencapai Rp386,01 triliun atau 55,5 persen dari total pagu sebesar Rp695,2 triliun hingga pekan kedua November 2020.

Sri Mulyani menyatakan tren penyerapan anggaran Program PEN terus mengalami perbaikan jika dilihat dari sejak semester pertama hingga Oktober tahun ini yaitu terjadi kenaikan mencapai 31,9 persen.

“Sampai hari ini kita terus lakukan perbaikan sehingga 55 persen dari Program PEN sudah terabsorbsi,” kata Sri Mulyani dalam dalam acara Anti Corupption Summit-4 2020 di Jakarta, Rabu.

Baca selengkapnya di sini


3. Waskita Toll Road raih dana segar Rp550 miliar dari penerbitan RDPT

Anak BUMN PT Waskita Karya (Persero) Tbk, PT Waskita Toll Road (WTR), meraih pendanaan senilai Rp550 miliar melalui penjualan reksa dana penyertaan terbatas ekuitas danareksa (RDPT) infrastruktur PT Kresna Kusuma Dyandra Marga (KKDM).

Direktur Utama WTR Herwidiakto menjelaskan pendanaan yang diraih akan digunakan untuk pembangunan dan pengembangan Jalan Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu) dan ruas tol WTR lainnya.

Baca selengkapnya di sini


4. Meski La Nina, Mentan jamin ketersediaan beras sampai Juni 2021

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menjamin ketersediaan beras mencukupi untuk kebutuhan konsumsi pangan sampai Juni 2021, meskipun terdapat ancaman fenomena alam La Nina yang berpotensi menyebabkan banjir dan longsor di lahan pertanian.

Syahrul mengatakan pihaknya telah mempersiapkan produksi beras dengan melakukan percepatan musim tanam (MT) pada Oktober 2020--Maret 2021 seluas 8 juta hektare.

Baca selengkapnya di sini


5. Presiden minta belanja pemerintah dimaksimalkan untuk dorong konsumsi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan seluruh jajarannya untuk memaksimalkan realisasi belanja pemerintah di sisa tahun guna meningkatkan konsumsi masyarakat dan mempercepat pemulihan ekonomi.

Presiden Jokowi dalam Rapat Koordinasi Nasional Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah yang diselenggarakan secara virtual di Jakarta, Rabu, mengatakan pemerintah perlu menambah perputaran uang dan kegiatan perekonomian di masyarakat.

Baca selengkapnya di sini

Pewarta: Citro Atmoko
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Luhut: impor garam industri harus direkomendasikan Kemenperin

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar