Pangkalpinang (ANTARA) - Satgas Penanganan COVID-19 Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mencatat sebanyak 270 warga di Pulau Bangka dan Belitung dinyatakan sembuh dari virus corona, atau meningkat 86,54 persen jika dibandingkan hari sebelumnya.

"Alhamdulillah, hari ini 14 pasien COVID-19 sudah dinyatakan sembuh dan diperbolehkan pulang ke rumahnya," kata Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Provinsi Kepulauan Babel Andi Budi Prayitno di Pangkalpinang, Kamis.

Ia mengatakan berdasarkan data pasien sembuh dari COVID-19 yang dikarantina di Wisma Isolasi Provinsi Kepulauan Babel pada Rabu (18/11) malam, sebanyak 14 orang dinyatakan sehat tersebar di Kabupaten Bangka delapan orang, Bangka Tengah dua orang, Bangka Selatan satu orang dan Kota Pangkalpinang tiga orang.

"Kami terus berupaya menekan angka pasien dan penyebaran COVID-19 ini dengan mengoptimalkan dan menggencarkan sosialisasi serta penindakan pelanggar protokol kesehatan COVID-19," ujarnya.

Baca juga: KONI Babel terima 330 paket vitamin dari Kemenpora

Baca juga: Pemprov Babel maknai Hari Pahlawan sebagai perjuangan lawan COVID-19


Menurut dia, jumlah warga terpapar COVID-19 sebanyak 832 pasien atau bertambah 12 orang dan pasien yang meninggal karena virus berbahaya ini sebanyak 10 orang.

"Dalam tiga bulan terakhir ini, kasus COVID-19 ini terus bertambah. Oleh karena itu, masyarakat diminta untuk lebih meningkatkan protokol kesehatan dan berperilaku hidup sehat dan bersih," ujarnya.

Menurut dia, lonjakan orang yang terinfeksi atau terpapar COVID-19 terutama dalam tiga bulan terakhir terjadi pada kluster perkantoran, kluster perkebunan sawit, kluster keluarga, dan kluster fasilitas pelayanan kesehatan, serta kluster keluarga dan kluster perumahan.

"Ini perlu kita sikapi serius yakni dengan terus meningkatkan kewaspadaan dan kesadaran serta kedisiplinan dalam menerapkan protokol kesehatan COVID-19 secara baik," katanya.*

Baca juga: Semua pasien positif corona di Bangka Selatan sembuh

Baca juga: Pemprov Babel bangun RS Infeksi dan Karantina COVID-19

Pewarta: Aprionis
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2020