Ratu Elizabeth dan Pangeran Philip rayakan 73 tahun pernikahan

Ratu Elizabeth dan Pangeran Philip rayakan 73 tahun pernikahan

Ratu Elizabeth Inggris dan Pangeran Philip, Duke of Edinburgh melihat kartu ulang tahun pernikahan mereka, yang diberikan oleh cucu buyut mereka Pangeran George, Putri Charlotte dan Pangeran Louis, menjelang ulang tahun pernikahan keduanya yang ke-73, di Oak Room di Kastil Windsor, Windsor , Inggris (17/11/2020). ANTARA/REUTERS/Getty Images Eropa/Chris Jackson/aa.

Jakarta (ANTARA) - Ratu Elizabeth dan Pangeran Philip merayakan ulang tahun pernikahan ke-73, Jumat, dalam perayaan yang tak bisa digelar meriah bersama keluarga di Inggris karena pandemi COVID-19.

Elizabeth (94) dan Philip (99) menikah di Westminster Abbey pada 20 November 1947, hanya dua tahun setelah berakhirnya Perang Dunia II.

Untuk merayakan ulang tahun pernikahan sang ratu, Istana Buckingham merilis foto pasangan tersebut yang tersenyum memandang kartu buatan cicit mereka, Pangeran George, Puteri Charlotte dan Pangeran Louis, juga kartu-kartu ucapan lain.

Baca juga: Kastil Windsor buka tamannya untuk umum setelah 40 tahun

Baca juga: Alasan di balik kebiasaan Ratu Inggris selalu kenakan kalung mutiara


Foto itu diambil di Windsor Castle, kediaman Ratu di London di mana pasangan itu bermukim selama pandemi COVID-19, seperti dikutip dari Reuters.

Sebagai bentuk mengingat masa-masa awal pernikahan, Elizabeth mengenakan bros krisan, dari safir dan berlian, yang ia kenakan untuk berfoto di Broadlands di Inggris selatan saat mereka berbulan madu.

Pasangan itu pertama kali bertemu ketika mereka menghadiri pernikahan sepupu Philip, Putri Marina dari Yunani, dengan paman Elizabeth, Duke of Kent, pada tahun 1934.

Philip dapat perhatian dari calon istrinya ketika Elizabeth yang saat itu berusia 13 tahun mengunjungi orangtuanya di Royal Naval College Inggris, Dartmouth di Inggris barat daya di mana dia menjadi kadet.

Meski pernikahan mereka mengalami pasang surut seperti pasangan lainnya, Elizabeth dan Philip bisa tetap mempertahankan pernikahan, tidak seperti tiga dari empat anak mereka yang mengalami perceraian, termasuk perpisahan Pangeran Charles dengan mendiang Puteri Diana.

"Dia secara sederhana menjadi kekuatanku dan bertahan selama bertahun-tahun," kata Elizabeth ketika pasangan itu merayakan ulang tahun pernikahan ke-50 pada 1997.

Baca juga: Lab Novichok, tujuan lawatan pertama Ratu Inggris sejak "lockdown"

Baca juga: Istana Buckingham umumkan kehamilan Putri Eugenie

Baca juga: Gaun pengantin Putri Beatrice dari Inggris dipamerkan untuk publik

Penerjemah: Nanien Yuniar
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar