Intinya inbound marketing tidak bisa berjalan namun harus diintegrasikan dengan teknik marketing lainnya, misalnya dikombinasikan dengan target costumer
Jakarta (ANTARA) - Penerapan metode pemasaran "masuk" atau inbound marketing perlu dikombinasikan dengan teknik-teknik digital marketing lainnya agar berjalan sukses dan efektif.

"Intinya inbound marketing tidak bisa berjalan namun harus diintegrasikan dengan teknik marketing lainnya, misalnya dikombinasikan dengan target costumer," ujar Head of Product Marketing Tokopedia Olivia Kurniawati dalam diskusi daring Marketing Talk yang digelar Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Indonesia (UI) di Jakarta, Jumat.

Menurut Olivia, artinya dengan inbound marketing pelaku usaha perlu memastikan agar pelanggan masuk ke dalam platform sesuai dengan keinginan konsumen tersebut.

Di samping itu perlu juga memberikan pengalaman terbaik kepada pelanggan, sehingga mereka tidak sekedar melakukan pembelian saja namun juga mendapatkan kesan setelah bertransaksi atau mengunjungi aplikasi atau platform tersebut.

Baca juga: Membangun reputasi perusahaan kunci sukses metode "inbound marketing"

Hal lainnya yang perlu diperhatikan adalah re-targeting, di mana pelaku usaha selalu engage kepada semua jenis konsumen. Pelaku usaha harus mencoba melihat konsumen sebagai satu orang, bukan sebagai satu kelompok atau grup karena kebutuhan masing-masing orang berbeda-beda.

Dalam kesempatan sama Vice President of Integrated Marketing Gramedia Digital Nusantara Lingga Wastu menyampaikan bahwa inbound marketing sendiri memanfaatkan berbagai macam kanal marketing digital, tidak hanya mengandalkan sosial media saja.

"Pertama yang harus dilakukan sebelum memilih digital marketing yang tepat, kita harus mengetahui terlebih dahulu audiens kita banyak terkonsentrasi di kanal digital marketing apa," katanya.

Baca juga: ITS Wajibkan Mahasiswa Belajar Teknik Pemasaran

Kemudian, lanjut dia, hal yang perlu diperhatikan adalah upaya memberikan kesan dan pengalaman tak terlupakan kepada audiens dan konsumen, setelah membeli atau merasakan layanan yang diberikan pelaku usaha.

Metode inbound marketing juga dinilai cukup efektif dalam mengubah citra konvensional sebuah perusahaan menjadi kekinian dan mengikuti arus perkembangan zaman yang terjadi.

Metode inbound marketing merupakan metode pemasaran di era ekonomi digital saat ini yang berupaya menjaring pelanggan dan konsumen potensial untuk tertarik masuk secara sukarela ke platform atau aplikasi pelaku usaha dan kemudian diharapkan melakukan transaksi serta terkesan dengan pelayanan dan pengalaman yang diberikan oleh pelaku usaha.

Baca juga: Kemenperin pacu IKM manfaatkan teknologi digital dalam pemasaran

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2020