Rikwanto sosok "Humas Polri" resmi pegang komando Polda Kalsel

Rikwanto sosok "Humas Polri" resmi pegang komando Polda Kalsel

Kapolri Jenderal Idham Azis melantik delapan Kapolda di Mabes Polri Jakarta, Jumat. (ANTARA/HumasPolri)

Banjarmasin (ANTARA) - Irjen Pol Rikwanto yang merupakan sosok "Humas Polri" kini resmi memegang tongkat komando di Polda Kalsel setelah mengikuti serah terima jabatan di Mabes Polri Jakarta, Jumat, menggantikan Irjen Pol Nico Afinta yang menjadi Kapolda Jawa Timur.

"Pak Rikwanto memang cukup banyak pengalaman menjabat di Divisi Humas Polri termasuk Kabid Humas Polda Metro Jaya sebelum menjadi Wakapolda Kalimantan Tengah dan Kapolda Maluku Utara hingga saat ini sebagai Kapolda Kalsel," terang Kabid Humas Polda Kalsel Kombes Pol Mochamad Rifa'i di Banjarmasin, Jumat.

Rikwanto dilantik Kapolri Jenderal Idham Azis bersamaan delapan Kapolda baru termasuk di dalamnya Irjen Fadil Imran sebagai Kapolda Metro Jaya menggantikan Irjen Nana Sudjana yang dianggap tidak menjalankan perintah untuk menegakkan protokol kesehatan.

Baca juga: Kapolri minta delapan kapolda baru persiapkan pengamanan pilkada

Menurut Rifa'i, Kapolri memberikan pesan para Kapolda yang baru agar mempersiapkan pengamanan pilkada serentak, netralitas personel, pengamanan natal dan tahun baru serta yang lebih prioritas bagaimana Polri mendukung pemerintah dalam rangka menanggulangi penyebaran penularan COVID-19.

"Kapolri menekankan penyelenggaraan tahapan pilkada sesuai dengan protokol kesehatan, itu menjadi tugas anggota Polri menegakkan aturan termasuk menjaga situasi keamanannya hingga berjalan aman dan lancar," kata Rifa'i.

Terkait penanganan pandemi COVID-19, tambah Rifa'i, ditekankan Kapolri bahwa pemerintah berharap banyak kepada TNI dan Polri. Untuk itu, seluruh anggota Polri dapat bekerja sesuai dengan tugas dan tanggung jawab dengan sebaik-baiknya.

Baca juga: Kapolri resmi lantik Irjen Fadil Imran sebagai Kapolda Metro Jaya

Setelah sertijab di Mabes Polri, dijadwalkan pisah sambut Kapolda Kalsel berlangsung Senin (23/11) di Polda Kalsel dengan menerapkan protokol kesehatan, sehingga rangkaian kegiatannya dilaksanakan sesingkat dan seefektif mungkin.

Pergantian delapan Kapolda tersebut berdasarkan surat Telegram Rahasia (TR) nomor ST/3222/XI/KEP./2020 per tanggal 16 November 2020 yang ditandatangani oleh AS SDM Polri Irjen Sutrisno Yudi Hermawan.

Selain Kapolda Kalsel, Metro Jaya dan Kapolda Jawa Barat, Kapolri Jenderal Idham Azis juga melantik Irjen Putu Jayan Danu Putra sebagai Kapolda Bali,
Irjen Refdi Andri sebagai Kapolda Maluku, Irjen Nico Afinta sebagai Kapolda Jatim, Irjen Risyapudin Nursin sebagai Kapolda Malut, Irjen Albertus Rachmad Wibowo sebagai Kapolda Jambi serta Brigjen Ferdy Sambo diangkat dalam jabatan baru sebagai Kadiv Propam Polri.

Baca juga: Irjen Nico Afinta jabat Kapolda Jatim gantikan Fadil Imran
 

Pewarta: Firman
Editor: Joko Susilo
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar