Madrasah di Sulsel raih medali emas di kompetisi sains nasional

Madrasah di Sulsel raih medali emas di kompetisi sains nasional

Kepala Bidang Pendidikan Madrasah, Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Selatan Masykur. ANTARA/Dok.

KSM menjadi wahana bagi siswa madrasah untuk mengembangkan bakat dan minat di bidang sains
Makassar (ANTARA) - Sebanyak tiga madrasah di Sulawesi Selatan berhasil meraih medali emas dan perunggu pada Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tingkat Nasional Tahun 2020 yang diselenggarakan secara dalam jaringan (daring).

Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Selatan Masykur di Makassar, Jumat, mengapresiasi tiga madrasah yang berhasil meraih hasil positif dalam kompetisi bergengsi tingkat nasional tersebut.

"Alhamdulillah saya bersyukurlah karena madrasah kita mampu mempersembahkan dua emas dan satu perunggu di ajang KSM tahun ini," ujarnya.

Ia mengatakan kepastian perolehan medali itu diketahui setelah Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama menetapkan pemenang Kompetisi Sains Madrasah Tingkat Nasional Tahun 2020, di mana sulsel memperoleh dua medali emas dan satu perunggu.

Ia juga menyampaikan terima kasih kepada para kepala sekolah dan guru pembimbing, terkhusus Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia Gowa, Madrasah Tsnawiyah (MTs) Negeri 1 Kota Makassar, dan MTsN 1 Kepulauan Selayar, yang telah mengharumkan nama Sulsel di tingkat nasional.

Baca juga: Kepulauan Seribu targetkan wakili Jakarta di Kompetisi Sains Nasional

Kompetisi Sains Madrasah tingkat nasional pada 2020 dilaksanakan secara daring dan melalui rumah masing-masing peserta dengan mengakses Computer Based Test(CBT). Kompetisi ini diikuti 66.778 siswa madrasah se-Indonesia.

"KSM adalah ajang berkompetisi dalam bidang sains yang diselenggarakan Kemenag. KSM menjadi wahana bagi siswa madrasah untuk mengembangkan bakat dan minat di bidang sains, sekaligus menumbuhkembangkan budaya kompetisi yang sehat, serta memotivasi mereka untuk terus meningkatkan kemampuan intelektual, emosional, dan spiritual," katanya.

Dia mengatakan proses pendaftaran dan seleksi administrasi hingga pelaksanaan tes memanfaatkan teknologi informasi (TI) guna meningkatkan akuntabilitas dan transparansi dalam pelaksanaan kompetisi.

KSM 2020 hanya dibuka untuk satuan pendidikan di bawah naungan Kementerian Agama RI yaitu madrasah mulai dari Madrasah Ibtidayah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA)

Para pemenang yakni, Andi Esse Lamming Pulaweng, juara 1 bidang Geografi Terintegrasi jenjang MA, asal MAN Insan Cendekia Gowa, Andi Humaerah Maharani Istambul, juara 1 bidang IPA Terpadu Terintegrasi jenjang MTs, asal MTsN 1 Kota Makassar, dan Najwa Salsabila, juara 3 bidang Matematika Terintegrasi jenjang MTs, asal MTsN 1 Kepulauan Selayar.

Baca juga: Menag: Kompetisi Sains Madrasah ruang aktualisasikan potensi
Baca juga: Kemenag uji coba Kompetisi Sains Madrasah daring
Baca juga: Kompetisi Sains Madrasah diikuti sekolah umum

Pewarta: Muh. Hasanuddin
Editor: M. Hari Atmoko
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar