Webseries, film keluarga, serial yang mengangkat tema kehidupan sehari-hari dalam keluarga dari anggota TNI AL adalah sarana komunikasi populer yang menghibur, tetapi juga menginspirasi
Jakarta (ANTARA) - Perusahaan Umum Produksi Film Negara (PFN) akan membuat konten populer seperti film yang mengangkat 75 tahun peran TNI Angkatan Laut dalam sejarah pembangunan Indonesia.

Direktur Utama Perum PFN Judith J Dipodiputro mengatakan TNI AL adalah bagian dari masyarakat yang dalam bertugas dan kehidupan sehari-harinya bisa menjadi bahan yang menginspirasi masyarakat Indonesia.

Webseries, film keluarga, serial yang mengangkat tema kehidupan sehari-hari dalam keluarga dari anggota TNI AL adalah sarana komunikasi populer yang menghibur, tetapi juga menginspirasi," kata Judith J. Dipodiputro dalam keterangan resminya, Jumat.

Baca juga: Perum PFN siap bertransformasi dorong konten lokal menuju global

Dia mengatakan selama 75 Tahun Indonesia merdeka, banyak peristiwa terkait peranan TNI AL yang belum banyak diketahui oleh masyarakat, termasuk juga tokoh-tokoh TNI AL yang tidak banyak direkam sejarah.

Dengan merekam sejarah ini ke dalam bentuk film dan konten popular, selain dapat menghibur, juga akan menginspirasi dan membangkitkan rasa patriotisme di kalangan generasi muda seperti yang dicontohkan TNI Angkatan Laut.

Pembuatan film tersebut merupakan bagian dari blueprint yang disiapkan PFN dan TNI AL. Sebagai langkah awal, akan diselenggarakan forum diskusi antara TNI AL dengan penggerak industri kreatif dan industri film dari seluruh Indonesia.

Baca juga: Kementerian BUMN segera arahkan PFN jadi lembaga keuangan perfilman

TNI AL dan PFN bersepakat bahwa kolaborasi antara TNI AL dengan industri kreatif akan menjadikan TNI AL lebih dikenal masyarakat dari sisi humanis yang diharapkan akan semakin membangkitkan kebanggaan dan kecintaan pada TNI AL serta menginspirasi pemuda-pemudi Indonesia untuk menjadi tantara.

Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono mengatakan pola komunikasi melalui film dan industri kreatif dapat menjadi jembatan yang baik antara TNI AL dan masyarakat.

"Angkatan Laut dalam melaksanakan tugas menjaga kedaulatan dan ketahanan negara dalam konteks maritim, selalu bersinergi dengan semua elemen bangsa," ujar Yudo Margono.



Dalam kesempatan itu, KSAL Laksamana Yudo Margono juga sepakat untuk menciptakan berbagai produk film dan konten yang bermanfaat bersama PFN guna membentuk karakter manusia Indonesia seutuhnya, sehingga diharapkan menginspirasi masyarakat mulai dari usia anak-anak dan generasi muda agar mau menjadi TNI, khususnya Angkatan Laut.

"Bila anak-anak bisa lebih dini mengenal TNI Angkatan Laut, tentu akan muncul tidak saja kecintaan, tetapi juga passion bagi TNI Angkatan Laut," imbuhnya.

Baca juga: "Kita Bisa Apa?" menangi lomba podcast PFN 2020

Baca juga: Industri podcast berpotensi pulihkan perekonomian nasional

Pewarta: Yogi Rachman
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2020