MotoGP

MotoGP Portugal: Zarco tercepat di FP2

MotoGP Portugal: Zarco tercepat di FP2

Dokumentasi - Pebalap tim Esponsorama Racing Johann Zarco di sesi kualifikasi Grand Prix Austria, Sirkuit Red Bull Ring, Sabtu (15/8/2020). ANTARA/REUTERS/Lisi Niesner/aa.

Jakarta (ANTARA) - Pebalap tim Esponsorama Racing Johann Zarco memimpin catatan waktu latihan bebas Grand Prix Portugal mengungguli Maverick Vinales dan Aleix Espargaro ketika semua pebalap tampil lebih cepat di sesi siang pada Jumat.

Zarco, nyaris dua detik lebih cepat dari waktu yang ia catatkan pada sesi pagi, dengan waktu satu menit 39,417 detik naik 13 posisi dan membawa motor Ducati terdepan mengungguli Vinales dari tim pabrikan Yamaha dengan jarak 0,119 detik, demikian laman resmi MotoGP.

Espargaro tak beranjak dari posisi tiga setelah FP2. Dia sebelumnya menjadi satu-satunya pebalap MotoGP yang pernah menunggangi motor MotoGP di Portimao pada sesi tes bulan lalu karena Aprilia masih memegang hak konsensi.

Baca juga: MotoGP Portugal: Pahlawan lokal Oliveira tercepat di FP1

Pebalap tim Petronas Yamaha Fabio Quartararo memperbaiki posisinya naik empat peringkat ke P4 di depan rookie KTM Brad Binder dan Joan Mir, yang telah mengunci gelar juara dunia bagi Suzuki di Valencia pekan lalu.

Durasi sesi FP1 dan FP2 pada Jumat diperpanjang dari biasanya masing-masing 45 menit menjadi 70 menit.

Setelah finis P12, pebalap tim pabrikan Ducati Andrea Dovizioso menemukan kecepatannya untuk naik ke P7 catatan waktu kombinasi latihan.

Pol Espargaro (KTM Factory Racing), Jack Miller (Pramac Racing) dan Franco Morbidelli (Petronas Yamaha) menempati tiga slot terakhir di peringkat sepuluh besar untuk memegang sementara tiket otomatis lolos ke Q2.

Alex Rins, Valentino Rossi, dan Takaaki Nakagami mencium aspal trek Algarve ketika mereka terjatuh di FP2. Sang pebalap Jepang tampak memeriksa lengan kirinya setelah terseret ke gravel.

Baca juga: Rossi bersiap untuk perpisahan emosional di balapan pemungkas MotoGP

MotoGP menyambangi Portimao untuk pertama kalinya dengan Joan Mir mengunci gelar juara dunia 2020 pekan lalu di Valencia.

Namun demikian, enam pebalap lainnya secara matematis masih memiliki peluang memperebutkan peringkat kedua di klasemen yang saat ini ditempati oleh Morbidelli.

Suzuki dan Ducati memiliki poin yang sama di puncak klasemen konstruktor, dengan Yamaha di peringkat tiga terpaut 13 poin.

Jika Suzuki merebut gelar itu maka akan menjadi yang pertama bagi pabrikan Hamamatsu itu sejak 1982 sedangkan Ducati terakhir kali menjadi juara konstruktor pada 2007 dan Yamaha pada 2015.

Rookie KTM Tech3 Iker Lecuona terpaksa absen untuk ketiga kalinya karena positif COVID-19 dan di Portugal ia digantikan oleh test rider KTM Mika Kallio.

Stefan Bradl bakal melanjutkan perannya menggantikan Marc Marquez yang masih cedera hingga akhir musim.

Baca juga: Menuju GP Portugal, akankah Suzuki sapu bersih tiga mahkota MotoGP?

Sepuluh besar catatan waktu kombinasi latihan
1 Johann Zarco Esponsorama Racing (GP19) 1'39,417
2 Maverick Vinales Monster Yamaha (YZR-M1) +0,119
3 Aleix Espargaro Aprilia Gresini (RS-GP) +0,228
4 Fabio Quartararo Petronas Yamaha (YZR-M1) +0,275
5 Brad Binder Red Bull KTM Factory (RC16)* 0,280
6 Joan Mir Suzuki Ecstar (GSX-RR) +0,315
7 Andrea Dovizioso Ducati Team (GP20) +0,324
8 Pol Espargaro Red Bull KTM Factory (RC16) +0,366
9 Jack Miller Pramac Ducati (GP20) +0,403
10 Franco Morbidelli Petronas Yamaha (YZR-M1) +0,471

Baca juga: Mir kunci gelar juara dunia MotoGP 2020 di Valencia
Baca juga: Fakta menarik Joan Mir, juara dunia MotoGP 2020
Baca juga: Joan Mir ditambah konsistensi sama dengan titel MotoGP

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

MotoGP Mandalika 2021, ini potensi keuntungannya

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar