Jakarta (ANTARA) - Pebalap tim Pramac Racing Jack Miller menegaskan kecepatan motor Ducati di Sirkuit Algarve, Portimao setelah mencatatkan waktu terbaik dari ketiga sesi latihan bebas Grand Prix Portugal pada Sabtu.

Waktu terbaik Miller, satu menit 39,205 detik, diciptakan di sesi latihan ketiga (FP3) sedangkan pebalap tuan rumah Miguel Oliveira dari tim KTM Tech3 di peringkat dua dengan selisih 0,125 detik, demikian laman resmi MotoGP.

Alex Rins sempat memuncaki catatan waktu FP3 namun di menit-menit terakhir kedua rivalnya di atas mampu mencatatkan waktu lebih baik sehingga menggeser pebalap tim Suzuki Ecstar itu ke peringkat tiga dengan margin 0,150 detik dari pemuncak sesi.

Baca juga: Espargaro ungkap defisit akselerasi untungkan Aprilia di Portimao

Andrea Dovizioso mendapati hasil terbaiknya selama ketiga sesi latihan dengan finis P4 di depan Takaaki Nakagami dan Johann Zarco.

Zarco bertahan di peringkat enam berkat catatan terbaik yang ia torehkan ketika tampil tercepat di FP2 pada Jumat, menebar ancaman dengan motor Ducati tahun lalu.

Seri pemungkas di Portugal pada Minggu akan menjadi pertarungan antara Suzuki dan Ducati yang berebut titel konstruktor di mana kedua pabrikan sama-sama mengantongi 201 poin di klasemen sedangkan Yamaha di peringkat tiga dengan selisih 13 poin.

Sementara itu Yamaha mengirimkan dua wakilnya langsung lolos ke Q2 babak kualifikasi setelah Fabio Quartararo (Petronas Yamaha) finis P7 dan Maverick Vinales (Monster Energy Yamaha) bertahan di P9 berkat catatan waktunya di FP2.

Pol Espargaro dari tim KTM Factory Racing dan test rider Honda Stefan Bradl juga lolos ke Q2 setelah finis P8 dan P10, membuat Franco Morbidelli terlempar ke P11 catatan kombinasi latihan meski finis P9 di FP3 dan harus melewati Q1.

Baca juga: MotoGP Portugal: Zarco tercepat di FP2

Sesi pertama babak kualifikasi itu akan diramaikan juga oleh nama-nama besar seperti juara dunia tahun ini Joan Mir, Francesco Bagnaia, Alex Marquez, Brad Binder, dan Valentino Rossi yang gagal finis sepuluh besar setelah tiga sesi latihan bebas.

MotoGP menyambangi Portimao untuk pertama kalinya dengan Joan Mir mengunci gelar juara dunia 2020 pekan lalu di Valencia.

Namun demikian, enam pebalap lainnya secara matematis masih memiliki peluang memperebutkan peringkat kedua di klasemen yang saat ini ditempati oleh Morbidelli.

Rookie KTM Tech3 Iker Lecuona terpaksa absen untuk ketiga kalinya karena positif COVID-19 dan di Portugal ia digantikan oleh test rider KTM Mika Kallio.

Stefan Bradl melanjutkan perannya menggantikan Marc Marquez yang masih cedera hingga akhir musim.

Baca juga: MotoGP Portugal: Pahlawan lokal Oliveira tercepat di FP1
Baca juga: Rossi bersiap untuk perpisahan emosional di balapan pemungkas MotoGP

 

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2020