Jakarta (ANTARA News) - PT Bloedus Management Indonesia (BMI) bersama Ikatan Motor Indonesia (IMI) menyelenggarakan empat kejuaraan nasional termasuk satu kejuaraan Asia Pasifik sekaligus kandidat kejuaraan dunia (WRC) pada 2010.

Kejuaraan yang akan digelar itu diadakan pada 15-16 Mei di Kalimantan Timur, disusul 24-25 Juli di Sulawesi Selatan, 25-26 September kembali di Sulawesi Selatan.

Sebagai putaran keenam FIA APRC dan kandidat WRC ditutup pada 20-21 November di Sumatera Utara sekaligus penyerahan hadiah tahunan.

Direktur BMI Jeffrey JP dalam siaran pers Senin mengatakan, putaran pertama di Balikpapan-Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, merupakan kejuaraan nasional yang diadakan untuk keempat empat kalinya.

"Kegiatan scrutineering serta ceremonial start & ceremonial finish menurut rencana akan dilaksanakan di E Walk Balikpapan Super Blok Jl. Jend. Sudirman 47, Balikpapan."

"Service Area dipusatkan di Bukit Raya Sepaku dimana rute SS seluruhnya berupa gravel/tanah di daerah Penajam Paser Utara, di dalam perkebunan ITCI Hutani Manunggal sebanyak 11 SS (Day 1 : 6 SS-Day 2 : 5 SS) serta total jarak SS sejauh kurang lebih 155.09 km," kata Jeffrey.

Ia menambahkan, para peserta nasional yang akan berpartisipasi pada event itu di antaranya Sadikin Aksa dan Subhan Aksa (FBRT Sport), Eddy WS (Suzuki Spectra Indocafe), Roy Nirwan (Balikpapan Ready Mix) dan beberapa pereli unggulan dari daerah Jawa Barat, Sumatera Utara, DKI Jakarta, Sulawesi Selatan dan pereli tuan rumah.

Ketua Pengda IMI Kaltim Roy Nirwan menjelaskan, para peserta akan melakukan survey lintasan SS pada Kamis 13 Mei dan juga melakukan scrutineering di halaman E Walk Balikpapan Super Blok pada 08.00 ? 12.00 Jumat.

Di tempat sama, kata Roy yang juga atlet reli, akan diadakan foto nersama dan jumpa pers bagi para peserta yang kemudian akan dilepas pada acara ceremonial start pada 16.30 di depan E Walk Mall Balikpapan Super Blok, untuk kemudian beristirahat guna melakukan pertandingan sebenarnya Sabtu dan Minggu.

Pada ?Day 1? Sabtu 15 Mei jam 09.00, kata Roy, peserta akan dilepas kembali dari area kantor Bupati Penajam Paser Utara untuk menjalani enam SS dan finish ?Day 1? pada jam 18.40 dan untuk ?Day 2? Minggu, 16 Mei jam 07.30 peserta akan menjalani sisa 5 SS.

Kemudian dilakukan konvoi bersama menuju ceremonial finish serta pembagian hadiah di Kantor Bupati Penajam Paser Utara pada jam 16.30 waktu setempat.

Pada event ini juga dilakukan training dan pengamatan langsung oleh Tim Kerja WRC Indonesia terutama pada bi dang teknis perlombaan (Sue Sanders ? Chief Safety Officer & Andrew Kellitt ? Deputy COC) dan pelaksanaan prosedur peliputan Media (Keiko Ito dari Jepang ? Media & External Officer)

Jeffrey menjelaskan, hasil pengamatan pelaksanaan event ini akan menjadi masukan dan bahan pelatihan yang akan langsung dilakukan di Makassar pada 19 s/d 23 Mei 2010.

Proses ini dilaksanakan untuk menunjang persiapan beberapa aspek di antaranya peningkatan kemampuan SDM dan peliputan media sesuai dengan proses standarisasi dari pelaksanaan WRC, sehingga diharapkan pada Kejurnas reli putaran kedua 24-25 Juli di Makassar sebagai uji coba yang baik dan pada pelaksanaan kandidat WRC 25-26 September 2010 sudah dapat optimal pada berbagai aspek.

"Kami sangat menghargai dukungan dari berbagai pihak termasuk peliputan yang diberikan dan hal tersebut sangat penting untuk mencapai suksesnya penyelenggaraan event ini," kata Jeffrey.


Pewarta: Luki Satrio
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010