Menpora lihat potensi Kepri jadi destinasi wisata olahraga terkemuka

Menpora lihat potensi Kepri jadi destinasi wisata olahraga terkemuka

Menpora Zainudin Amali didampingi Pjs Gubernur Kepri Bahtiar Baharuddin berkunjung ke Pulau Dompak, Tanjungpinang, Minggu (22/11/2020). ANTARA/Ogen/am.

Tanjungpinang (ANTARA) - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali melihat adanya potensi Provinsi Kepulauan Riau sebagai destinasi wisata olahraga terkemuka di Indonesia dan bahkan dunia.

"Potensi olahraga wisata di Kepri sangat luar biasa. Kami siap mendorong agar semakin berkembang," kata Zainudin Amali dalam kunjungan kerjanya di Pulau Dompak, Tanjungpinang, Ahad (22/11).

Oleh karena itu, Zainudin meminta Pemprov Kepri segera memetakan potensi olahraga dan yang akan didorong terlebih dahulu untuk dikembangkan adalah olahraga wisata.

Baca juga: Menpora nilai Indonesia kurang serius garap Sport Tourism
Baca juga: Digadang jadi pemikat wisatawan, "sport tourism" dikebut tahun depan


Dia mencontohkan di kawasan wisata Lagoi, Kabupaten Bintan. Ternyata ada beberapa event wisata bersepeda bertaraf internasional yang diikuti berbagai negara.

"Segera dipetakan mana olahraga wisata prioritas untuk dikembangkan. Apalagi ekonomi sedang kurang baik akibat pandemi, kita harus kreatif dan berinovasi guna meningkatkan ekonomi masyarakat," imbuhnya.

Lanjut Zainudin, secara geografis wilayah Kepri memang potensial untuk dijadikan tujuan olahraga wisata, karena daerah tersebut selama ini menjadi penyumbang kunjungan wisman terbesar kedua di Indonesia setelah Bali.

Baca juga: Menpora sebut sport tourism bisa jadi kekuatan utama Indonesia

Olahraga wisata seperti bersepeda sangat cocok di wilayah ini, karena memiliki pesona keindahan alam yang segar dan alami.

Dia optimis olahraga wisata Indonesia ke depan tidak hanya terpusat di Bali atau Sulawesi, tapi juga di Kepri. Olahraga wisata ini dipastikan dapat menarik lebih banyak lagi kunjungan wisman ke Kepri.

"Saya yakin, olahraga wisata akan tetap eksis selama pandemi maupun setelah pandemi COVID-19 ini berakhir," katanya.

Baca juga: Presiden: Olahraga buka peluang Indonesia kembangkan "sport tourism"
Baca juga: Menpora minta perencanaan olahraga rekreasi 2021 rampung akhir tahun

Pewarta: Ogen
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Kemenpora dorong peralatan panahan dalam negeri bersertifikat

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar