Kasus positif COVID-19 di Papua Barat bertambah 46

Kasus positif COVID-19 di Papua Barat bertambah 46

Infograsi penyebaran COVID-19 di Papua Barat pada Ahad, 22 Desember 2020. (ANTARA/HO-Dokumen Satgas COVID-19)

Manokwari (ANTARA) - Kasus positif COVID-19 di Provinsi Papua Barat bertambah 46 sehingga total mencapai 4.969 orang dan 4.362 diantaranya berhasil sembuh.

Juru bicara Satgas Penanganan COVID-19 Papua Barat, dr Arnoldus Tiniap di Manokwari, Ahad, menyebutkan bahwa kasus baru masih terus ditemukan provinsi ini dan di sejumlah daerah laju penularannya masih cukup tinggi.

"Hari ini ada penambahan di Manokwari 38 kasus dan Kota Sorong delapan. Jadi hari ini Papua Barat ada tambahan 46 kasus baru," kata Tiniap.

Temuan kasus baru di Kota Sorong dan Manokwari masih sering terjadi, termasuk di Teluk Bintuni, Teluk Wondama, Sorong Selatan dan Fakfak. Di sejumlah daerah kluster rumah tangga masih dominan.

Baca juga: Enam pasien COVID-19 di Teluk Bintuni sembuh

Baca juga: Sejumlah pejabat Pemkab Teluk Wondama terpapar COVID-19


Selain kasus positif, pada Ahad ini terjadi penambahan pasien yang berhasil sembuh dari COVID-19. Angka kesembuhan pasien di Papua Barat saat ini mencapai 87,8 persen.

"Untuk pasien sembuh hari ini ada tambahan 53 orang, sebanyak 47 orang dari Manokwari dan enam orang dari Kota Sorong," kata dia

Di sisi lain terjadi penambahan satu kasus pasien meninggal dunia di Fakfak. Total kematian pada pasien COVID-19 di Papua Barat hingga kini tercatat sebanyak 81 kasus.

Arnold berharap Satgas COVID-19 di seluruh daerah terus melaksanakan upaya pencegahan. Aturan Protokol kesehatan harus ditegakkan agar masyarakat terus waspada mencegah penularan.

"Bulan Desember akan ada agenda nasional juga hari besar keagamaan. Kami berharap semua pihak bergandengan tangan untuk mencegah agar tidak terjadi lonjakan kasus pada bulan depan," ucap Arnold.

Dia berharap seluruh daerah mengambil langkah untuk mencegah adanya kerumunan masyarakat berskala besar pada momentum tersebut.*

Baca juga: Satgas Papua Barat : Penanganan COVID-19 masih jadi prioritas 2021

Baca juga: Cegah COVID-19, warga Papua Barat disarankan periksa kesehatan rutin

Pewarta: Toyiban
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Polda Papua Barat tangkap tiga pelaku penjual senjata api ilegal

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar