Sepak Bola Nasional

Bima Sakti perkuat pemahaman teknik dan taktikal pemain timnas U-16

Bima Sakti perkuat pemahaman teknik dan taktikal pemain timnas U-16

Pelatih tim nasional U-16 Indonesia Bima Sakti memimpin latihan skuatnya di Dubai, Uni Emirat Arab pada Jumat (23/10/2020). Kegiatan itu sebagai persiapan menuju laga uji coba kedua kontra timnas U-16 Uni Emirat Arab pada Sabtu (24/10/2020). (ANTARA/HO/PSSI)

Saya berharap pemain bisa lebih memperkecil jarak antar lini, terutama saat bertahan, jarak menjadi fokusnya
Jakarta (ANTARA) - Pelatih tim nasional Indonesia U-16 Bima Sakti terus memperkuat pemahaman teknik dan taktikal anak-anak asuhnya agar kelemahan ketika ujicoba internasional melawan Uni Emirat Arab (UEA) dapat segera teratasi.

"Baik itu dari fisik, pemahaman taktik yang diperbaiki mereka sudah banyak meningkat. Pembenahan setelah dua laga uji coba melawan UEA (Uni Emirat Arab) membuat kami dapat pelajaran bermakna," ujar Bima dikutip dari laman resmi klub dari Jakarta, Senin.

Teknik yang menjadi catatan perbaikan Bima seperti umpan dan akurasi, kemudian secara taktikal transisi bertahan ke menyerang atau sebaliknya hingga cara antisipasi bola direct saat melawan tim yang memiliki postur tubuh tinggi.

Baca juga: Timnas U-16 fokus benahi barisan pertahanan

Menurutnya, perbaikan-perbaikan itu akan menjadi menu latihan timnas dalam pekan ini. Intinya, dua laga melawan UEA menjadi pelajaran berharga yang diperoleh timnas U-16 untuk bercermin memperbaiki diri.

"Saya berharap pemain bisa lebih memperkecil jarak antar lini, terutama saat bertahan, jarak menjadi fokusnya. Terutama apabila melawan tim dengan pemain yang memiliki postur tubuh lebih besar dan tinggi seperti pemain tim UEA," katanya.

"Saat lawan memainkan bola direct dari penjaga gawang mereka langsung ke depan, itu bagaimana cara antisipasinya, pemain saya minta untuk menjaga jarak, jangan terlalu terbuka," ujar dia menambahkan.

Sementara itu, salah satu pemain timnas U-16 Arkhan Fikri mengatakan secara fisik ia bersama kawan-kawan lainnya sudah mengalami peningkatan, apalagi dia yang baru sembuh dari cedera.

Baca juga: Bima Sakti panggil 26 pemain untuk jalani TC lanjutan Timnas U-16

Ia pun bertekad untuk bisa bersaing dengan para pemain lain guna merebut satu pos di timnas U-19 dan cedera yang sempat dialaminya bukan menjadi ingatan pedih tapi justru semakin memperkuat mental.

"Di sini saya akan membuktikan bahwa saya dapat kembali ke performa saya setelah sembuh dari cedera. Saya tidak akan sia-siakan kesempatan baik ini. Target saya, bisa terus membuktikan diri kalau saya bisa bermain dan membawa tim ini ke piala AFC dan juga terpenting ke Piala Dunia," kata dia.

TC timnas U-16 pada bulan November akan berlangsung hingga tanggal 29. TC ini menjadi rangkaian dalam mempersiapkan skuat Garuda muda jelang putaran final Piala AFC U-16 yang rencananya akan berlangsung di Bahrain tahun 2021.

Indonesia merupakan satu-satunya negara dari ASEAN yang tampil pada salah satu turnamen usia muda Asia bergengsi ini dan tergabung di grup D bersama Jepang, Arab Saudi dan China.

Baca juga: Bima: performa timnas U-16 membaik meski dua kali kalah dari UAE

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Targetkan 16 besar Piala Dunia, PSSI genjot Timnas U-19

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar