Sydney (ANTARA) - Saham-saham Australia berakhir lebih tinggi pada perdagangan Senin, terangkat reli sektor sumber daya dengan saham pertambangan dan energi berkinerja lebih baik.

Pada penutupan pasar, indeks acuan S&P/ASX 200 naik 22,40 poin atau 0,34 persen menjadi 6.561,60 poin, sedangkan indeks All Ordinaries yang lebih luas bertambah 32,10 poin atau 0,48 persen menjadi 6.772,00 poin.

Tarik menarik antara infeksi virus corona dan harapan vaksin terus berlanjut, kata analis pasar CommSec, Steven Daghlian.

"Amerika Serikat mengidentifikasi sekitar satu juta kasus baru COVID-19 selama seminggu, sementara harapan vaksin untuk dua uji coba yang menggembirakan dalam beberapa pekan terakhir sudah cukup mengimbangi kekhawatiran saat ini."


Baca juga: Saham Australia dibuka menguat, terangkat lonjakan sektor sumber daya

Baca juga: Saham Aussie berakhir lebih rendah namun naik 2,1 persen minggu ini



Di Australia, negara bagian Victoria yang paling terpukul mencatat 24 hari berturut-turut tidak ada kasus baru atau kematian pada Senin ketika perbatasan negara bagian antara New South Wales dan Victoria dibuka kembali untuk pertama kalinya dalam lebih dari empat bulan.

Di bursa Australia, saham-saham pertambangan dan energi memimpin kenaikan berkat penguatan harga-harga komoditas.

Di sektor keuangan, bank-bank besar beragam dengan Commonwealth Bank turun 0,50 persen, National Australia Bank naik 0,04 persen, Westpac Bank naik 0,10 persen dan ANZ turun 0,27 persen.

Saham-saham pertambangan melonjak dengan BHP naik 2,52 persen, Rio Tinto naik 1,45 persen, Fortescue Metals naik 3,89 persen dan penambang emas Newcrest naik 0,89 persen.

Produsen-produsen minyak dan gas melambung dengan Oil Search naik 4,80 persen, Santos naik 3,38 persen dan Woodside Petroleum naik 1,57 persen.

Supermarket terbesar di Australia tergelincir dengan Coles turun 0,17 persen, dan Woolworths turun 0,53 persen.

Sementara raksasa telekomunikasi Telstra merosot 0,32 persen, operator maskapai penerbangan nasional Qantas melonjak 1,71 persen dan perusahaan biomedis CSL bertambah 1,01 persen.


Baca juga: Saham Aussie dibuka melemah tipis, saham ANZ bank merosot 0,85 persen

Baca juga: Saham Aussie ditutup lebih tinggi terangkat lonjakan bank-bank besar

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Subagyo
Copyright © ANTARA 2020