DPR RI sebut Sorong jadi daerah inspirasi negara kawasan Pasifik

DPR RI sebut Sorong jadi daerah inspirasi negara kawasan Pasifik

Wakil Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI, Putu Supadma Rudana saat mengunjungi tempat suvenir masyarakat asli Papua. (Antara Papua Barat/ Ernes Kakisina)

Kerja sama dengan kawasan Pasifik sangat penting
Sorong (ANTARA) - Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) menyebutkan kemajuan infrastruktur, pertumbuhan ekonomi, serta pengelolaan pariwisata Kota Sorong bisa menjadi daerah yang memberi inspirasi bagi negara-negara di kawasan Pasifik.

Wakil Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI Putu Supadma Rudana dalam kunjungan kerja, di Sorong, Senin, memberikan apresiasi terhadap kemajuan pembangunan infrastruktur dan pertumbuhan ekonomi Kota Sorong, Provinsi Papua Barat.

Menurut dia, BKSAP memiliki fungsi dan tugas untuk membina dan mengembangkan hubungan parlemen Indonesia dengan parlemen dunia.

Saat ini, kata dia, BKSAP DPR RI sedang membentuk panitia kerja atau panja guna mengembangkan kerja sama dengan negara-negara di kawasan Pasifik, dan juga dari parlemen Indonesia dengan masyarakat dunia dari berbagai bidang termasuk bidang pemerintah dan lainnya.

Ia menjelaskan, kerja sama dengan kawasan Pasifik sangat penting karena ke depannya potensi kawasan Pasifik sangat luar biasa di dunia.

Selain itu, Indonesia adalah salah satu negara dengan penduduk terbanyak di kawasan Pasifik terutama wilayah Maluku dan Papua yang serumpun dengan kawasan Pasifik.

Panitia kerja yang dibentuk ini, lanjut dia, ada satu kegiatan kerja sama yang namanya Indonesia Pacific Parliamentary Partnership (IPPP) yang diprakarsai oleh parlemen Indonesia.

Karena itu, menurut dia, kunjungan kerja ke Kota Sorong tersebut sangat strategis, pencapaian pembangunan sangat luar biasa, serta pertumbuhan ekonomi di masa pandemi COVID-19 negatif dapat dijadikan contoh bagi negara-negara di kawasan Pasifik dalam kemitraan.

Artinya segala pencapaian pembangunan di Indonesia terutama di Kota Sorong bisa menjadi inspirasi bagi negara-negara di kawasan Pasifik yang memang banyak mengalami tantangan pada bidang ekonomi, infrastruktur, pendidikan, dan pariwisata.

"Kunjungan ini juga untuk mendengarkan aspirasi dari pemerintah serta masyarakat Kota Sorong, bahkan Papua pada umumnya apa yang dapat diperjuangkan ke depan untuk kemajuan wilayah timur Indonesia," kata dia lagi.
Baca juga: Tingkatkan ekonomi saat pandemi, Mojokerto studi ke Sorong-Papua Barat
 

Pewarta: Ernes Broning Kakisina
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Pemerintah & MPR upayakan pendekatan kesejahteraan untuk Papua

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar