Kapolda Metro Jaya dirikan Kampung Tangguh di Jakarta

Kapolda Metro Jaya dirikan Kampung Tangguh di Jakarta

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran (tengah) didampingi Kasdam Jaya Birgjen TNI M Soleh Mustafa (kanan) dan Kapolres Metro Jakarta Selatan Kombes Pol Budi Sartono (kiri) meninjau kegiatan rapid test di Gelanggang Remaja Tebet, Kota Jakarta Selatan, Senin (23/11/2020). ANTARA/Laily Rahmawaty/pri.

Jakarta (ANTARA) - Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran mengatakan akan membentuk kampung tangguh di wilayah DKI Jakarta, yang fungsinya selain untuk menanggulangi COVID-19, juga untuk mengantisipasi bencana banjir dan lainnya.

"Saya akan membangun kampung tangguh di sini (Jakarta)," kata Irjen Fadil di Tebet, Jakarta Selatan, Senin.

Menurut Fadil, keberadaan kampung tangguh, selain untuk  mengatasi persoalan COVID-19, juga untuk mengurangi dampak sosial ekonomi yang timbulkannya.

Kampung tangguh, katanya, juga diperuntukkan untuk memberdayakan UMKM, mengidentifikasi masyarakat yang terdampak.

"Sehingga distribusi bansos, sembako maupun BLT bisa dipertanggungjawabkan," ujarnya.

Selain penanggulangan COVID-19, menurut mantan Kapolda Jatim itu, keberadaan kampung tangguh juga bisa untuk memberdayakan masyarakat dalam penanggulangan bencana banjir.

Menurutnya, mengurus persoalan banjir di DKI Jakarta tidak bisa sendirian, perlu mengoptimalkan peran masyarakat.

"Dalam waktu dekat Jakarta akan memasuki musim hujan, di mana kampung tangguh ini bisa diberdayakan, bisa dimanfaatkan untuk bersama-sama menanggulangi banjir," katanya.

Ia menambahkan, lewat kampung tangguh, masyarakat diberi ruang untuk mengatur dirinya sendiri dalam menanggulangi bencana, dan aparat memberikan akses dan asitensi untuk membantu masyarakat.

"Jadi semua masyarakat kami beri ruang, biarkan masyarakat mengatur dirinya sendiri, kami tinggal mengakses asistensi, memberikan bantuan sesuai tugas dan tanggung jawab kita masing-masing," kata Fadil.

Semasa menjabat sebagai Kapolda Jawa Timur, Fadil sukses mengembangkan program kampung tangguh yang diyakini juga berperan dalam upaya menekan angka positif COVID-19.

Menurut Fadil, kampung tangguh yang ada di Jakarta akan berbeda dengan kampung tangguh yang ada di Jawa Timur, karena disesuaikan dengan alam, budaya dan demografi masyarakatnya.

Saat ini, lanjut dia, tim akademis sedang melakukan kajian untuk membuat kampung tangguh di Jakarta sesuai dengan alam, budaya dan demografi penduduknya.

"Tim kami, Polda, dari Kodam Jaya, sedang mempelajari bagaimana mengoptimalisasi potensi yang dimiliki oleh DKI dan dimiliki oleh masyarakt untuk sama-sama bergerak memberikan sumbangsih untuk kita bisa sinergi dan kolaborasi membebaskan Jakarta dari COVID-19," kata Fadil.

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Masuki M. Astro
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Polisi dan Pemkot Tangerang kawal Kampung tangguh COVID-19

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar