Batam (ANTARA News) - PT Graha Trisaka Industri pengelola Drydocks World Graha membuka lowongan pekerjaan di berbagai perguruan tinggi terkemuka di Indonesia untuk menggantikan tenaga kerja asing.

"Graha mencari tenaga kerja Indonesia yang memiliki kemampuan baik untuk menggantikan tenaga kerja asing," kata Wakil Wali Kota Batam Ria Saptarika menceritakan hasil pertemuan dengan manajemen di Batam, Selasa.

Manajemen Graha, kata dia, akan membuka lowongan di beberapa perguruan tinggi besar Indonesia, antara lain Institut Teknologi Bandung, Institut Teknologi Surabaya, Universitas Indonesia dan Universitas Hassanudin.

Menurut dia, sudah saatnya perusahaan asing melirik sumber daya manusia Indonesia, karena tidak kalah dengan tenaga kerja asing.

"Tenaga kerja kita memiliki kualitas yang bagus, sayang kalau tidak dimanfaatkan," kata Wakil Wali Kota.

Namun, kepada perusahaan asing, ia mengingatkan untuk memperlakukan tenaga kerja Indonsia setara dengan asing, jangan mendiskriminasi TKI dengan upah dan fasilitas rendah.

Sementara itu, Drydocks World Graha mulai beroperasi mengerjakan kapal pesanan, Rabu, paska kerusuhan antar pekerja, Kamis pekan lalu (22/4).

Senior Manajemen Drydocks World Graha, Bahrum mengatakan hampir seluruh departemen sudah dimulai bekerja, termasuk produksi.

Di dalam kompleks pabrik, nampak pekerja sudah memulai aktivitas.

Beberapa Tenaga Kerja Asing berkulit putih juga mulai beraktivitas. Sedangkan TKA berkebangsaan India masih belum nampak di lingkungan galangan kapal Drydocks World Graha.(ANT/A038)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010