Jakarta (ANTARA) - Grup idola K-pop Bangtan Sonyeondan (BTS) meluapkan rasa bahagianya setelah tahu masuk dalam nominasi Grammy Award ke-63 kategori penampilan duo atau grup pop terbaik melalui single "Dynamite".

Melalui laman Twitter-nya pada Rabu ini, mereka mengunggah dua video pendek yang memperlihatkan reaksi RM, V, Jimin dan Jungkook saat pengumuman berlangsung pada Selasa (24/11) waktu Amerika Serikat. RM, Jimin dan Jungkook langsung bersorak sambil berdiri sementara V terlihat kaget.

Baca juga: Beyonce pimpin nominasi Grammy, BTS dapat satu dengan "Dynamite"
BTS nantinya bersaing dengan Justin Bieber ft. Quavo ("Intentions"), Lady Gaga dan Ariana Grande ("Rain On Me") dan Taylor Swift ft. Bon Iver ("Exile").

Sebelumnya, dalam konferensi pers album "BE," pemimpin RM sempat mengenang impian melangkah ke Grammy sejak dia dan keenam rekannya masih menjadi peserta pelatihan.

Pada tahun 2019, mereka mendekati mimpi itu dengan tampil sebagai presenter dalam upacara penghargaan tahunan tersebut. Pada Januari, penyanyi rap grup bergabung dengan rapper Amerika Lil Nas X membawakan lagu hit "Old Town Road" dengan lirik dari remix "Seoul Town Road."

"Terima kasih kepada semua orang yang mendengarkan musik kami di masa-masa sulit. Di atas segalanya, kalian, ARMY yang membuat keajaiban (kami menjadi) artis yang dinominasikan Grammy. Terima kasih dan kami selalu mencintaimu," kata BTS seperti dilansir Yonhap, Rabu.

Sementara itu, BTS melalui lagu "Dynamite" mencatatkan prestasi sebagai musisi Korea Selatan yang debut di puncak tangga lagu single utama Billboard Hot 100 dan menduduki puncak tangga lagu selama dua minggu berturut-turut sebelum merosot ke posisi nomor dua dan kembali naik kembali ke puncak setelah dua minggu.

Jika BTS nantinya berhasil mendapatkan Grammy pertamanya, maka mereka akan menjadi artis (musisi) Korea Selatan pertama yang memenangkan tiga penghargaan Amerika bergengsi sekaligus yakni Billboard Music Awards (BBMAs) dan American Music Awards (AMA).

Dalam BBMAs, mereka memenangkan kategori Top Social Artist selama empat tahun berturut-turut termasuk di tahun ini. Sementara pada AMA 2020 mereka menyabet penghargaan untuk Favorite Duo atau Grup in Pop/Rock dan Favorite Social Artist.


Baca juga: Suga BTS beri kabar terkini kondisinya usai operasi

Baca juga: BTS gambarkan kesedihan saat pandemi dalam "Life Goes On"

Baca juga: BTS resmi rilis album "BE"

Penerjemah: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2020