Suriah sebut Israel serang Damaskus selatan dalam serangan kedua

Suriah sebut Israel serang Damaskus selatan dalam serangan kedua

Dokumentasi - Pesawat Israel ketika melakukan serangan udara di wilayah Suriah. ANTARA.

Kami tidak mengomentari laporan berita semacam ini,
Amman (ANTARA) - Tentara Suriah mengatakan pada Rabu pagi bahwa Israel melancarkan serangan udara di wilayah pinggiran selatan Damaskus saat serangan kedua dalam waktu seminggu.

Serangan udara Israel di daerah strategis itu berasal dari Dataran Tinggi Golan yang diduduki dan hanya menyebabkan kerusakan material, kata pernyataan militer.

Para pembelot militer mengatakan serangan itu menargetkan pangkalan militer di Jabal Mane Heights dekat kota Kiswa, tempat Pengawal Revolusi Iran telah lama bercokol di daerah terjal hampir 15 km (9,3 mil) selatan dari pusat Damaskus.

Serangan yang terjadi pada Juli juga melanda kota-kota dekat Kiswa, tempat milisi Hizbullah pro-Iran Lebanon dikerahkan dengan kekuatan milisi pro-Teheran lainnya, menurut seorang pembelot senior militer.

Baca juga: Assad: Erdogan 'penghasut utama' konflik di Nagorno-Karabakh
Baca juga: Turki bantah mengirim petempur Suriah ke Azerbaijan


Daerah itu memiliki rudal anti-pesawat yang ditempatkan untuk mempertahankan Dataran Tinggi Golan Suriah di sepanjang perbatasan dengan Israel, kata sumber militer.

"Kami tidak mengomentari laporan berita semacam ini," kata seorang juru bicara militer Israel kepada Reuters.

Serangan udara menghantam wilayah, yang terletak di zona yang membentang dari pedesaan selatan Damaskus ke Dataran Tinggi Golan yang diduduki Israel di mana kehadiran Iran yang tumbuh dipandang sebagai ancaman strategis oleh Israel.

Pernyataan tentara Suriah mengatakan serangan udara Israel datang dari Dataran Tinggi Golan yang diduduki dan hanya menyebabkan kerusakan material.

Israel melancarkan serangan udara ke berbagai sasaran Suriah dan Iran di Suriah Rabu lalu, mengirimkan sinyal bahwa mereka akan mengejar kebijakannya untuk menyerang melintasi perbatasan.

Pemerintah Presiden Suriah Bashar al-Assad tidak pernah secara terbuka mengakui bahwa ada pasukan Iran yang beroperasi atas namanya dalam perang saudara Suriah, dengan mengatakan Teheran hanya memiliki penasihat militer di lapangan.

Sumber intelijen Barat mengatakan peningkatan serangan Israel di Suriah dalam beberapa bulan terakhir adalah bagian dari perang bayangan, yang disetujui oleh Washington dan bagian dari kebijakan anti-Iran dalam dua tahun terakhir.

Pejabat pertahanan Israel mengatakan dalam beberapa bulan terakhir bahwa Israel akan meningkatkan kampanyenya melawan Iran di Suriah, di mana Teheran telah memperluas kehadirannya dengan bantuan milisi.

Sumber : Reuters

Baca juga: Pesawat tempur Israel serang militer Suriah, pasukan Al Quds Iran
Baca juga: Penyelidikan dugaan penggunaan senjata kimia di Suriah dilanjutkan

Penerjemah: Azis Kurmala
Editor: Mulyo Sunyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Pesawat tempur Israel serang pos militer Hamas di Gaza

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar