Jakarta (ANTARA) - Bertepatan dengan Hari Guru Nasional 2020, Zenius mengumumkan peluncuran "Zenius untuk Guru" (ZuG), Sistem Manajemen Pembelajaran gratis yang dibuat oleh guru, untuk guru.

Platform ini dapat digunakan oleh guru segala mata pelajaran pada segala jenjang pendidikan di seluruh Indonesia secara gratis, untuk memudahkan pengelolaan aktivitas pembelajaran.

Chief of Teachers' Initiative Zenius Education, Amanda P. Witdarmono, mengatakan "Zenius untuk Guru" hadir sebagai platform co-creation untuk membantu guru melakukan pengajaran, secara spesifik dalam membagikan materi pelajaran, memilah dan menugaskan soal, serta mendapatkan analisis hasil pekerjaan siswa.

"Zenius memang sejak 2004, jarak 16 tahun itu sudah banyak sekali pustaka konten dari Zenius, sehingga ini juga bisa diakses secara gratis oleh bapak dan ibu guru di Zenius untuk Guru, sehingga bisa tinggal dipilih dan dikurasi mana yang cocok dengan kompetensi yang diharapkan, situasi siswa, konteksnya, kemudian bisa diberikan kepada siswa secara langsung, dan gratis," ujar Amanda dalam konferensi pers virtual, Rabu.

Baca juga: Zenius buka kelas online gratis Live Teaching

Dengan sistem manajemen pembelajaran yang bisa diakses gratis, Amanda berharap guru-guru bisa memiliki waktu yang lebih banyak untuk melakukan hal yang mereka kuasai, seperti meningkatkan interaksi pembelajaran yang berkualitas dengan siswa sehingga siswa memiliki keterampilan literasi dan numerasi yang tinggi.

Zenius juga memberikan ruang kepada para guru untuk menambahkan soal-soal, seperti yang mereka harapan, sesuai dengan tagline, "dari guru untuk guru."

"Biasanya kita melihat analisa dari penilaian per siswa setiap kelas, tetapi di Zenius untuk Guru karena penggunaan teknologi yang dilakukan itu bisa dilihat dari sisi analisis butir soalnya juga," kata Amanda.

"Misalnya memberikan soal yang semuanya salah, ternyata mungkin pengajarannya saya belum sepenuhnya diterima oleh siswa dan siswi atau mungkin soal saya terlalu sulit. Jadi, ini bisa menjadi sarana juga untuk bapak dan ibu guru untuk mendapatkan data point untuk semakin menajamkan pembelajaran yang ada," dia menambahkan.

Sebelum peluncuran hari ini, Zenius telah membuka akses ZuG ke lebih dari 6.000 guru di Indonesia untuk mendapatkan masukan dan menyempurnakan platform ini lebih jauh.

ZuG juga memungkinkan para guru untuk menciptakan kelas daring, mengelola tenggat waktu pekerjaan rumah siswa, hingga membagikan video konsep dari Zenius sebagai materi tambahan. Platform ZuG dapat diakses lewat URL guru.zenius.com.

Baca juga: Selama pandemi, pengguna Zenius naik signifikan

Baca juga: Fitur tanya-jawab, favorit siswa selama belajar "online"

Baca juga: Belajar online Zenius bisa diakses gratis lewat Gojek

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2020