Sepak Bola Dunia

Kawasaki Frontale kunci gelar juara Liga Jepang

Kawasaki Frontale kunci gelar juara Liga Jepang

Skuat Kawasaki Frontale melakukan selebrasi seusai mengunci gelar juara Liga Jepang setelah menggulung Gamba Osaka 5-0 dalam pertandingan di Stadion Todoroki, Kawasaki, Jepang, Rabu (25/11/2020). (ANTARA/REUTERS/KYODO)

Jakarta (ANTARA) - Kawasaki Frontale mengunci gelar juara Liga Jepang setelah menggulung Gamba Osaka 5-0 dalam pertandingan di Stadion Todoroki Kawasaki, Rabu.

Penyerang gaek Akihiro Ienaga mengemas trigol untuk Kawasaki dibantu gol-gol dari pemain Brazil Leandro Damiao serta Manabu Saito yang baru empat menit merumput sebelum mengunci kemenangan tuan rumah tepat di pengujung waktu normal.

Tambahan tiga poin membuat Kawasaki mengunci gelar juara Liga Jepang ketiga mereka dalam empat musim terakhir, kendati tim besutan Toru Oniki itu masih punya empat pertandingan untuk dijalani.

Osaka tiba di Kawasaki sebagai tim peringkat kedua, tetapi tuan rumah hampir-hampir tidak pernah berada dalam ancaman sepanjang laga.

Baca juga: Dua pemain positif COVID-19, satu laga J-League ditunda

Keberhasilan mengunci gelar juara juga memastikan gelandang berusia 40 tahun Kengo Nakamura akan memasuki masa pensiun selepas musim berakhir dengan satu medali juara tambahan.

Nakamura sempat tampil sebagai pemain pengganti masuk pada menit ke-86 disambut gemuruh tepuk tangan dari 11.370 penonton yang diperbolehkan menonton langsung pertandingan di Stadion Todoroki.

Liga Jepang musim ini mulai bergulir pada Juli setelah empat bulan tertunda akibat pandemi COVID-19.

Baca juga: Laga Okayama kontra Kitakyushu tandai kembalinya suporter ke stadion
Baca juga: Pertandingan strata kedua Jepang akan bisa dihadiri penonton

Secara berkala, dengan perkembangan situasi penanganan pandemi yang membaik di Jepang, tribun penonton perlahan diperbolehkan diisi, memberi kesempatan suporter Kawasaki turut serta langsung dilamun euforia gelar juara.

"Ini tahun yang berat, bukan hanya bagi kami, tetapi dirasakan semua orang," kata Ienaga dilansir dari Reuters.

"Kendati demikian, begitu banyak orang yang terus mendukung kami dan saya pribadi berterima kasih atas hal itu," ujarnya melengkapi.

Dengan mengunci gelar juara Liga Jepang, Kawasaki berhak memperoleh satu tiket fase grup Liga Champions Asia 2021 serta tampil di semifinal Piala Kaisar Jepang 2020.

Baca juga: Liga Champions Asia dan Piala AFC 2021 diusulkan tersentralisasi
Baca juga: FIFPRO kecewa AFC diam-diam pindahkan Liga Champions Asia ke Doha

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar