Liga Champions Asia

Iniesta antar Vissel Kobe ke babak gugur Liga Champions Asia

Iniesta antar Vissel Kobe ke babak gugur Liga Champions Asia

Gelandang gaek Vissel Kobe, Andres Iniesta, merayakan golnya ke gawang Guangzhou Evergrande dalam lanjutan Liga Champions Asia Grup G zona Timur di Stadion Internasional Khalifa, Doha, Qatar, Rab (25/11/2020). (ANTARA/REUTERS/Ibraheem Al Omari)

Jakarta (ANTARA) - Gelandang gaek Andres Iniesta mengantarkan Vissel Kobe jadi tim pertama yang lolos ke babak gugur Liga Champions Asia zona Timur setelah menang 3-1 melawan Guangzhou Evergrande di Doha, Rabu.

Pemilik medali juara dunia bersama tim nasional Spanyol itu mengunci kemenangan Kobe enam menit jelang bubaran waktu normal, menyusul gol-gol yang sudah lebih dulu dilesakkan Kyogo Furuhashi dan Douglas ke gawang tim China tersebut.

Kemenangan itu membuat Kobe mengunci posisi dua teratas klasemen akhir Grup G sebab wakil Malaysia, Johor Darul Ta'zim, mengundurkan diri dari kelanjutan Liga Champions Asia.

Baca juga: Johor Darul Ta'zim mundur dari Liga Champions Asia

Dengan demikian, tim besutan Atsuhio Miura itu akan tampil di babak 16 besar dalam debut keikutsertaan mereka di Liga Champions yang diraih lewat jalur sebagai juara Piala Kaisar Jepang 2019 tersebut.

"Saya pikir mereka bermain lebih baik dari kami di semua aspek, sungguh disayangkan kami kalah," kata penyerang Guangzhou, Anderson Talisca.

Furuhashi membawa Kobe memimpin semenit jelang turun minum, tetapi ia kemudian mencetak gol bunuh diri pada menit ke-55 membuat kedudukan kembali imbang.

Douglas yang baru merumput lima menit menggantikan Noriaki Fujimoto kembali merestorasi keunggulan Kobe pada menit ke-74, sebelum Iniesta mengunci kemenangan dengan tembakan melengkung enam menit jelang bubaran.

Tambahan tiga poin membuat Kobe memimpin dengan enam poin di klasemen Grup G, unggul lima poin atas Guangzhou dan Suwon Bluewings (Korea Selatan) yang sama-sama baru mengumpulkan satu poin dari dua pertandingan.

Baca juga: Iniesta ingin dampingi Xavi saat latih Barcelona nanti
Baca juga: Vermaelen susul Iniesta, Villa dan Podolski ke Vissel Kobe


Di Grup H, wakil Korea Selatan lainnya Jeonbuk Motors merawat asa untuk melangkah ke babak gugur dengan mengalahkan jawara Australia Sydney FC.

Jeonbuk masih terpaut lima poin di belakang pemimpin klasemen Yokohama F Marinos (Jepang) yang dalam pertandingan lain mengatasi Shanghai SIPG 1-0.

Kelanjutan Liga Champions zona Timur digelar di Doha Qatar hingga 4 Desember sebelum dua hari kemudian babak gugur mulai bergulir mencari finalis yang akan menantang Persepolis (Iran) di partai puncak pada 19 Desember.

Baca juga: Borneo FC ingin tiru klub Malaysia Johor Darul Ta'zim
Baca juga: Liga Champions Asia dan Piala AFC 2021 diusulkan tersentralisasi
Baca juga: Kawasaki Frontale kunci gelar juara Liga Jepang

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar