Liga Champions

Bayern perbesar peluang pertahankan gelar seusai lolos dari Grup A

Bayern perbesar peluang pertahankan gelar seusai lolos dari Grup A

Gelandang Bayern Munich Leroy Sane (kiri) merayakan gola yang dicetaknya ke gawang Salzburg pada pertandingan Grup A Liga Champions yang dimainkandi Allianz Arena, Munich, Rabu (25/11/2020). (ANTARA/AFP/CHRISTOF STACHE)

Jakarta (ANTARA) - Bayern Munich memperbesar peluang mereka untuk mempertahankan gelar juara Liga Champions, seusai menjadi tim pertama yang meloloskan diri ke babak gugur dari Grup A.

Menjamu Red Bull Salzburg di Allianz Arena pada Rabu waktu setempat (Kamis WIB), Bayern mengantungi kemenangan meyakinkan 3-1 atas tamunya, untuk mengokohkan posisi di puncak klasemen Grup A dengan koleksi 12 poin.

Sedangkan Salzburg (1) kendati tertahan di dasar klasemen peluangnya masih terbuka lebar untuk menyusul Bayern ke babak 16 besar, berkat hasil imbang nirgol antara Atletico Madrid (5) kontra Lokomotiv Moskow (3) di pertandingan lain, demikian catatan laman resmi UEFA.

Baca juga: Bayern alami krisis pemain bertahan jelang lawan Salzburg

Di Allianz Arena, Bayern sempat direpotkan permainan menekan Salzburg dan beruntung tidak tertinggal lebih dahulu.

Sang juara bertahan baru mampu membuka keunggulan pada menit ke-42, ketika Robert Lewandowski mengirim operan tumit kepada Thomas Mueller untuk diteruskan dengan tembakan. Bola dapat ditahan kiper Salzburg Cican Stankovic, sebelum Lewandowski menyambarnya bersarang di gawang tim tamu.

Salzburg kembali menggedor pertahanan Bayern dan menciptakan peluang dari Dominik Szoboszlai dan Mergim Berisha, namun Bayern mampu menggandakan keunggulan pada menit ke-52.

Gol itu diawali keberhasilan Leon Goretzka merebut bola dari Szoboszlai, sebelum mengoperkannya kepada Kingsley Coman. Coman lantas menggiring bola melewati pemain bertahan Salzburg, dan Maximilian Woeber sempat berusaha menahan tembakan Coman namun justru membelokkan bola masuk ke gawangnya sendiri.

Baca juga: Lokomotiv Moscow tahan imbang tamunya Atletico Madrid 1-1

Bayern harus bermain dengan sepuluh pemain sejak menit ke-66 akibat Marc Roca menerima kartu kuning kedua setelah melanggar Zlatko Junuzovic. Meski demikian, mereka tetap mampu mengemas gol ketiga pada menit ke-68 ketika Gnabry berlari cepat di sisi kanan sebelum mengirim bola yang disambut sundulan Leroy Sane.

Salzburg baru berhasil mengemas gol hiburan pada menit ke-73. Barisan pertahanan Bayern sedikit lengah ketika Rasmus Kristensen menyodorkan bola kepada Berisha, yang melaju ke kotak penalti sebelum melepaskan tembakan masuk ke gawang Manuel Neuer.

Pada pertandingan lainnya di Grup A, Atletico Madrid ditahan imbang 0-0 oleh tamunya Lokomotiv Moscow. Hasil itu membuat Atletico tetap di posisi kedua dengan lima poin, sedangkan Lokomotiv berada di posisi ketiga dengan tiga poin dan keduanya masih berpeluang lolos ke 16 besar.

Pada pertandingan putaran kelima yang akan dimainkan Rabu (2/12) depan, Atletico akan menjamu Bayern sedangkan Lokomotiv menjamu tim juru kunci Salzburg. 

Baca juga: Ajax pastikan debut Liga Champions Midtjylland hanya sampai fase grup
Baca juga: Porto pastikan Marseille terusir dari Liga Champions
Baca juga: Liverpool dipecundangi Atalanta di Anfield
Baca juga: Gladbach perbesar asa lolos dari Grup Neraka seusai taklukkan Shakhtar

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Gilang Galiartha
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar