Jakarta (ANTARA) - Astra Infra Toll Road Cikopo-Palimanan sebagai operator Tol Cipali memprediksi volume lalu lintas yang melintas di gerbang tol Palimanan akan meningkat 12,6 persen dibandingkan tahun 2019.

Untuk mengantisipasi lonjakan, Tol Cipali memaksimalkan pengoperasian di Gerbang Tol Palimanan dengan membuka 30 gardu tol otomatis (GTO) dan 15 mobile reader, serta penambahan petugas dan sarana mempermudah kelancaran transaksi di gerbang tol.

Untuk keselamatan lalu lintas, operator secara rutin bekerja sama dengan Kementerian Perhubungan dan Polda Jawa Barat untuk melakukan operasi penindakan over dimension dan overload (ODOL) pada kendaraan niaga golongan 2-5.

Mereka juga melakukan operasi speed gun, supaya pengendara mematuhi batas kecepatan minimal 60 km/jam dan maksimal 100 km/jam.

“Dengan diadakannya program itu, berdasarkan data yang tercatat sampai pertengahan November 2020, angka kecelakaan di Tol Cipali turun 7 persen dibandingkan dengan periode yang sama 2019, sedangkan angka fatalitas menurun sebanyak 75 persen," kata Agung Prasetyo, Direktur Operasi ASTRA Tol Cipali dalam siaran pers, Kamis.

Baca juga: Tol Cipali dipasang sling baja pembatas jalan, tekan kecelakaan

Peningkatan fasilitas
Traffic Command Center Tol Cipali (ANTARA/HO)


Astra Infra Toll Road Cikopo-Palimanan (Astra Tol Cipali) meningkatkan fasilitas layanan dan informasi, berupa penambahan gardu, VMS (variable message sign) hingga shower air hangat untuk pengemudi.

Mereka menambah empat gardu satelit dengan 14 gardu utama, tujuh gardu tol otomatis (GTO), tiga gardu satelit arah Palimanan dan lima gardu arah Cikopo.

Dengan penambahan tersebut, total gardu di GT Palimanan sebanyak 44 unit yang dapat dioperasikan secara maksimal, dengan rincian 22 gardu arah Palimanan dan 22 gardu arah Cikopo.

Selain itu, ada penambahan dua unit VMS (Variable Message Sign) yang berada di lajur Cikopo dan lajur Palimanan sehingga total VMS yang tersebar di sepanjang Tol Cipali sebanyak sembilan unit.

“Dalam memberikan pelayanan kepada pengguna jalan, di tahun 2020 ini Astra Tol Cipali meningkatkan beberapa fasilitas, seperti layanan transaksi dan juga informasi," jelas Agung Prasetyo, Direktur Operasi ASTRA Tol Cipali dalam siaran pers, Kamis.

"Penambahan empat unit gardu satelit di Gerbang Tol Palimanan dan VMS berfitur terkini merupakan upaya kami dalam memberikan pelayanan maksimal kepada pengguna jalan sehingga perjalanan di Cipali menjadi lancar, aman dan nyaman,” kata Agung Prasetyo.

Shower air hangat disediakan di KM 86 dan KM 130 dari arah Palimanan dan arah Cikopo, bagi pengemudi untuk mengembalikan kondisi tubuh yang lelah.

Fasilitas rest area akan ditingkatkan pada tahun 2021 dengan pembangunan playground, outdoor fitness, hammock, serta konsep industrial resto.

Baca juga: Astra Infra Toll prediksi BIJB Kertajati selesai akhir 2021

Baca juga: Arus balik libur panjang di jalan Tol Cipali ramai lancar

Baca juga: Arus balik libur panjang Tol Jakarta-Cikampek cukup padat

Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2020